Eksplorasi Tuturan Pemelajar BIPA: Representasi Plurikultural melalui Praktik Basa-Basi dalam Komunikasi Antarbudaya

  • Meydiana Dyah Pramesty Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Surabaya
  • Mintowati Mintowati Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Surabaya
  • Prima Vidya Asteria Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Surabaya
Abstract views: 84 , PDF downloads: 50
Keywords: Basa-basi, Pemelajar BIPA, Komunikasi antarbudaya

Abstract

Dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA), pemahaman basa-basi berperan penting dalam mengembangkan kompetensi pragmatik dan sensitivitas antarbudaya. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wujud dan fungsi tuturan basa-basi pemelajar BIPA dalam komunikasi dengan penutur asli. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan sampel sepuluh pemelajar BIPA Universitas Negeri Surabaya yang dipilih secara purposif. Data berupa tugas keterampilan berbicara dalam bentuk audio dan video dianalisis melalui transkripsi, identifikasi konteks, klasifikasi fungsi basa-basi, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemelajar mempraktikkan basa-basi berupa sapaan, pujian, negosiasi, hingga penutup interaksi, baik dalam konteks formal maupun nonformal. Tuturan tersebut mencerminkan kesadaran pragmatik dan nilai kesantunan Indonesia. Temuan ini berimplikasi pada pengembangan materi ajar BIPA berbasis interkultural yang menekankan strategi komunikasi sopan dan efektif lintas budaya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anindita, & Woelandari, N. (2020). Praktik Komunikasi Antarbudaya pada Mahasiswa Ekspatriat dalam Program Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA). Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(1), 24–36.

Asteria, P. V. (2024). Plurikultural dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Universitas Negeri Malang.

Asteria, P. V., Rofiuddin, A., Suyitno, I., & Susanto, G. (2023). Indonesian-based Pluricultural Competence in BIPA Teachers’ Perspective. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 9(1), 190–201.

Brown, P., & Levinson, S. C. (1987). Politeness: Some Universal in Language Usage. Cambridge University Press.

Damayanti, A. M. D. D., & Mintowati. (2024). Sikap dan Pemertahanan Bahasa Jawa Dialek Bojonegoro pada Mahasiswa Asal Bojonegoro di Surabaya. Bapala, 11(1), 267–280.

Hadawiyah, A., Sinaga, F., Nisa, K., & Panjaitan, R. P. (2025). Analisis Pragmatik Terjemahan Film Mean Girls ( 2004 ): Telaah. Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan.

Hildayati, I., & Asteria, P. V. (2024). Pengembangan Buku Cerita Digital Basa-Basi dalam Konteks Pergaulan sebagai Suplemen Pembelajaran BIPA Level Madya Berbasis Plurikultural. Bapala, 11(2), 1–16.

Meilani, A., Widiyanarti, T., Faiz, M. A., Prasetyo, F. D., Azzahra, A., & Zulfa, F. I. (2024). Etika Komunikasi Antar Budaya: Memahami Perbedaan dan Menghindari Kesalahpahaman. Indonesian Culture and Religion Issues, 1(4), 1-13.

Ningrum, A. C., & Tazqiyah, I. (2024). Peran Bahasa dalam Komunikasi Lintas Budaya: Memahami. Selasar KPI : Referensi Media Komunikasi dan Dakwah, 4(2), 1–14.

Nugraheni, A. S., Siwi, A. A., & Sulistiawati, A. (2024). BIPA Learning Based on Ecolinguistics on the Listening and Speaking Skills of BIPA Students in Vietnam. Journal of Innovation in Educational and Cultural Research, 5(2), 274–283.

Nurfajriani, W. V., Muhammad Wahyu Ilhami Arivan Mahendra, Rusdy Abdullah Sirodj, & Afgani, M. W. (2024). Triangulasi Data dalam Analisis Data Kualitatif. Jurnal Pembelajaran dan Pengembangan Matematika, 4(2), 13–21.

Nurhayati, N., Mintowati, M., & Safitri, A. D. (2022). Fitur Leksikal dalam Teks Pidato Kenegaraan Joko Widodo Tahun 2020 yang Mencerminkan Ideologi. Jurnal Education and Development, 10(3), 701–707.

Nurwanandi, H. W., & Asteria, P. V. (2023). Pengembangan Video Interaktif Etika Bertamu Berbasis Plurikultural bagi Pemelajar BIPA Madya. Bapala, 10(2), 98–110.

Pangesti, F., & Wiranto, A. B. (2018). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Berbasis Lintas Budaya Melalui Pendekatan Kontekstualkomunikatif. Jurnal Pendidikan Bahasa, 7(2), 342.

Pesulima, B., & Prasnowo, S. (2017). Pendekatan Pragmatik dalam Pengajaran Kemahiran Berbicara BIPA. Seminar Nasional Pengajaran Bahasa 2017, 62–71.

Pratama, P. M., Efendi, A. N., Mufarrikoh, Z., & Sholihin, M. D. I. (2022a). Validation of Augmented Reality Prototype for Aspects of Cultural Learning for BIPA Students. In Conference on Innovative Technologies in Intelligent Systems and Industrial Applications (pp. 81-89). Cham: Springer Nature Switzerland.

Pratama, P. M., Efendi, A., Rahmawati, F., David, M., Sholihin, I., & Susanto, M. A. (2022b). Tracking Javanese Cultural Heritage through Augmented Reality and its Implications in Indonesian Language for Foreign Speakers (BIPA) Learning. In 3rd Asia Pacific International Conference on Industrial Engineering and Operations Management,

Rahmi, A., Faizah, H., Elmustian, & Syafrial. (2023). Basa-Basi dalam Bahasa Melayu Dialek Kampaar sebagi Bentuk Kesantunan Berbahasa. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(6), 6578–6586.

Sayant, T. F. P., & Asteria, P. V. (2025). Pengembangan Modul Pembelajaran Digital Tema Wisata Mojokerto Bermuatan Plurikultural Bagi Pemelajar BIPA Level 1. Bapala, 12(1), 254–270.

Suyitno, I. (2017). Aspek Budaya dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Konteks Global, PS PBSI FKIP Universitas Jember, 55–70.

Yuniatin, A., & Asteria, P. V. (2022). Pengembangan Bahan Ajar BIPA Madya Berbasis Kompetensi Plurilingual dan Plurikultural Terintegrasi Kearifan Lokal. Bapala, 9(2), 142–152.

Published
2025-09-08
How to Cite
Pramesty, M. D., Mintowati, M., & Asteria, P. V. (2025). Eksplorasi Tuturan Pemelajar BIPA: Representasi Plurikultural melalui Praktik Basa-Basi dalam Komunikasi Antarbudaya. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 72—86. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.21746
Section
Articles