Etnopedagogi Genre Fanfiction: Alternatif Pembelajaran Menulis bagi Pemelajar BIPA di KBRI Brussels


Abstract
Penelitian ini mengkaji potensi etnopedagogi dalam genre fanfiction sebagai alternatif pemelajaran menulis bagi pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di KBRI Brussels. Masalah yang diangkat adalah rendahnya minat dan kemampuan pemelajar dalam menulis kreatif menggunakan Bahasa Indonesia. Penelitian bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pendekatan etnopedagogi berbasis fanfiction dalam meningkatkan keterampilan menulis dan pemahaman budaya pemelajar BIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, analisis teks fanfiction pemelajar, dan observasi proses pemelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan genre fanfiction berbasis etnopedagogi mampu meningkatkan motivasi pemelajar untuk menulis, memperkaya kosakata, serta memperdalam pemahaman terhadap budaya lokal yang diintegrasikan dalam teks fanfiction. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pemelajaran Bahasa Indonesia yang inovatif dan relevan secara budaya bagi pemelajar BIPA.
Downloads
References
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44.
Amalia, S., Jumadi, & Dewi, D. W. C. (2023). Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 1(4), 1–14.
Amanda, R. (2022). Representation of Fat Women in Wolipop.detik.com and Liputan6.com: A Sara Mill’s Analysis Perspective. Mediator: Jurnal Komunikasi, 14(2), 252–268.
Andrian, M. A., Nashrullah, Y. C., & Adi, P. (2024). Tata Bahasa Indonesia Dalam Lingkungan Kerja: Strategi Efektif Untuk Komunikasi Yang Profesional. Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 7(2), 1–7.
Asis Nojeng, Asri Ismail, M. Miftach Fakhri, Dary Mochamad Rifqie, & Muhammad Ansarullah S. Tabbu. (2023). PKM Pengembangan Literasi Digital: Membuat Cerita Rakyat Komik Digital Pada Kabupaten Majene. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 213–221.
Asteria, P. V., Rofiuddin, A., Suyitno, I., & Susanto, G. (2023). Indonesian-based Pluricultural Competence in BIPA Teachers’ Perspective. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 9(1), 190–201.
Ayaturrahman, A., & Karkono, K. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Jaring Laba-Laba Diksi Berbasis E-LKPD Aplikasi Canva pada Keterampilan Menulis Puisi Di Kelas VIII. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(2), 137–145.
Aytan, T. (2017). Evaluation of Electronic Writing Experiences of Turkish Teacher Candidates at WATTPAD Environment. Higher Education Studies, 7(4), 1.
A Creswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE.
Dewi, A. N. (2023). Eksplorasi pengalaman pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asingmelalui konteks sosial makanan: studi deskriptif kualitatif. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 5(2), 122–143.
Dhalymardha, D. P. (2023). Dampak Diplomasi Kebudayaan Indonesia Melalui Rumah Budaya Indonesia Di Belgia Tahun 2019 – 2022.
Gumulya, D. (2023). Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Seni Visual Siswa Sma Melalui Pelatihan Rutinitas Berpikir Seni “ See Think Wonder ”. Lentera Widya, 4(2).
Hasan, L. M. U., Nurharini, F., & Salma, K. N. (2024). Peran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam untuk Memperkuat Identitas Budaya di Komunitas Lokal : Studi di Desa Klatakan, Situbondo The Role of Arabic Language in Islamic Education to Strengthen Cultural Identity in Local Communities : A Study in Klatakan V. Al-Ihsan : Jurnal Pengabdian Agama Islam, 1(1), 44–58.
Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, 2(3), 317.
Hidayatuiiah Riyan. (2024). Gitar Tunggal Lampung Pesisir :
Indriyanto, K., & Indonesia, U. P. (2019). Proceeding FLA10 Conference 2017. March 2017.
Itaristanti, I. (2016). Aspek kohesi dan koherensi dalam penulisan karangan deskripsi yang disusun oleh pembelajar Bipa. Indonesian Language Education and Literature, 2(1), 88.
Khoirunnisa, A. S., & Sunarya, Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Lintas Budaya dalam Perspektif Pengajar BIPA: Tantangan dan Peluang. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(1), 209–217.
Kusuma, Y. R., Cahyani, A. P., Aprilianto, E., & Prazidno, B. (2023). Prosiding Seminar Nasional Prosiding Seminar Nasional Prosiding Seminar Nasional. Proseding Seminar Nasional Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Numeris November).
Lestari, W., Hasibuan, V. U., Lova, S. M., & Yani, F. (2021). Media Pembelajaran di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal Hutan Mangrove. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 865–871.
Muzdalifah, N. M. (2020). Seminar internasional - semar bipa umk 2020. Seminar Internasional-Semar Bipa, December 2019, 211–218.
Qalbi, S. U., & Mulyati, Y. (2024). Representasi Konflik Aceh dalam Cerpen Kontemporer Pascaperjanjian Damai. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 323–337.
Redhana, I. W. (2024). Pembelajaran Digital Pada Abad Ke-21. Researchgate.Net (T. 1, Numeris March).
Rusmana, A., & Dkk. (2019). Komunikasi Budaya dan Dokumentasi Kontemporer. Unpad Press (T. 13, Numeris 1).
Sawerigading, H. A.-, & 2016, undefined. (s.a.). SOSIAL DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI (Social Reality in Novel “Ronggeng Dukuh Paruk” by Ahmad Tohari). academia.edu. Gauta 2022 m. balandžio 9 d.
Subkhi Mahmasani. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. 274–282.
Suciyatm, F. (2022). Kesalahan Pemakaian Kata Kerja dalam Tulisan Deskriptif Pemelejar BIPA Jepang.
Sugara, U., & Sugito. (2022). Etnopedagogi: Gagasan dan Peluang Penerapannya di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(2), 93–104.
Ummah, S., Subroto, D. E., Hamzah, M. Z., & Fentari, R. (2022). Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1), 1–12.
Yasa, I. M. A., Suastra, I. W., Bagus, I., & Arnyana, P. (2024). Kendang Beleq : Navigasi Etnopedagogis Untuk Memahami Kultural Dalam Pendidikan. Widya Sundaram : Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 02(01), 13–32.
Yustisiabel, J., Hukum, F., Luwuk, U. M., Dhani, A. S., Disemadi, H. S., Sudirman, L., Hukum, F., Batam, U. I., Figure, P., Cipta, H., & Intelektual, K. (2024). Visualisasi Karakter Public Figure Dalam. 8.
Copyright (c) 2025 GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia uses an Open Access Policy under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Ghancaran Journal holds the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a
The work is distributed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which allows others to share, copy, and redistribute the material in any media or format and adapt, remix, change, and develop the material even for commercial purposes, as long as it is stated credit and license derivative works under similar terms. - Authors may make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the journal's published work version.
- Authors are permitted to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during submission, as doing so may lead to productive exchange.