Etnopedagogi Genre Fanfiction: Alternatif Pembelajaran Menulis bagi Pemelajar BIPA di KBRI Brussels

  • Sahrul Romadhon Universitas Negeri Surabaya
  • Bambang Yulianto Universitas Negeri Surabaya
  • Mulyono Universitas Negeri Surabaya
  • Suyatno Universitas Negeri Surabaya
  • Djojok Soepardi Universitas Negeri Surabaya
  • Yuniseffendri Universitas Negeri Surabaya
Abstract views: 1 , PDF downloads: 0
Keywords: Etnopedagogi, Fanfiction, Pemelajar BIPA

Abstract

Penelitian ini mengkaji potensi etnopedagogi dalam genre fanfiction sebagai alternatif pemelajaran menulis bagi pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) di KBRI Brussels. Masalah yang diangkat adalah rendahnya minat dan kemampuan pemelajar dalam menulis kreatif menggunakan Bahasa Indonesia. Penelitian bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pendekatan etnopedagogi berbasis fanfiction dalam meningkatkan keterampilan menulis dan pemahaman budaya pemelajar BIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, analisis teks fanfiction pemelajar, dan observasi proses pemelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan genre fanfiction berbasis etnopedagogi mampu meningkatkan motivasi pemelajar untuk menulis, memperkaya kosakata, serta memperdalam pemahaman terhadap budaya lokal yang diintegrasikan dalam teks fanfiction. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pemelajaran Bahasa Indonesia yang inovatif dan relevan secara budaya bagi pemelajar BIPA.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44.

Amalia, S., Jumadi, & Dewi, D. W. C. (2023). Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa. Argopuro: Jurnal Multidisiplin Ilmu Bahasa, 1(4), 1–14.

Amanda, R. (2022). Representation of Fat Women in Wolipop.detik.com and Liputan6.com: A Sara Mill’s Analysis Perspective. Mediator: Jurnal Komunikasi, 14(2), 252–268.

Andrian, M. A., Nashrullah, Y. C., & Adi, P. (2024). Tata Bahasa Indonesia Dalam Lingkungan Kerja: Strategi Efektif Untuk Komunikasi Yang Profesional. Parataksis: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 7(2), 1–7.

Asis Nojeng, Asri Ismail, M. Miftach Fakhri, Dary Mochamad Rifqie, & Muhammad Ansarullah S. Tabbu. (2023). PKM Pengembangan Literasi Digital: Membuat Cerita Rakyat Komik Digital Pada Kabupaten Majene. Vokatek : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 213–221.

Asteria, P. V., Rofiuddin, A., Suyitno, I., & Susanto, G. (2023). Indonesian-based Pluricultural Competence in BIPA Teachers’ Perspective. Eurasian Journal of Applied Linguistics, 9(1), 190–201.

Ayaturrahman, A., & Karkono, K. (2024). Implementasi Metode Pembelajaran Jaring Laba-Laba Diksi Berbasis E-LKPD Aplikasi Canva pada Keterampilan Menulis Puisi Di Kelas VIII. JoLLA Journal of Language Literature and Arts, 4(2), 137–145.

Aytan, T. (2017). Evaluation of Electronic Writing Experiences of Turkish Teacher Candidates at WATTPAD Environment. Higher Education Studies, 7(4), 1.

A Creswell, J. W. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. SAGE.

Dewi, A. N. (2023). Eksplorasi pengalaman pembelajaran bahasa Indonesia bagi penutur asingmelalui konteks sosial makanan: studi deskriptif kualitatif. Jurnal Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (JBIPA), 5(2), 122–143.

Dhalymardha, D. P. (2023). Dampak Diplomasi Kebudayaan Indonesia Melalui Rumah Budaya Indonesia Di Belgia Tahun 2019 – 2022.

Gumulya, D. (2023). Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Seni Visual Siswa Sma Melalui Pelatihan Rutinitas Berpikir Seni “ See Think Wonder ”. Lentera Widya, 4(2).

Hasan, L. M. U., Nurharini, F., & Salma, K. N. (2024). Peran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam untuk Memperkuat Identitas Budaya di Komunitas Lokal : Studi di Desa Klatakan, Situbondo The Role of Arabic Language in Islamic Education to Strengthen Cultural Identity in Local Communities : A Study in Klatakan V. Al-Ihsan : Jurnal Pengabdian Agama Islam, 1(1), 44–58.

Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, 2(3), 317.

Hidayatuiiah Riyan. (2024). Gitar Tunggal Lampung Pesisir :

Indriyanto, K., & Indonesia, U. P. (2019). Proceeding FLA10 Conference 2017. March 2017.

Itaristanti, I. (2016). Aspek kohesi dan koherensi dalam penulisan karangan deskripsi yang disusun oleh pembelajar Bipa. Indonesian Language Education and Literature, 2(1), 88.

Khoirunnisa, A. S., & Sunarya, Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Lintas Budaya dalam Perspektif Pengajar BIPA: Tantangan dan Peluang. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(1), 209–217.

Kusuma, Y. R., Cahyani, A. P., Aprilianto, E., & Prazidno, B. (2023). Prosiding Seminar Nasional Prosiding Seminar Nasional Prosiding Seminar Nasional. Proseding Seminar Nasional Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Numeris November).

Lestari, W., Hasibuan, V. U., Lova, S. M., & Yani, F. (2021). Media Pembelajaran di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal Hutan Mangrove. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 865–871.

Muzdalifah, N. M. (2020). Seminar internasional - semar bipa umk 2020. Seminar Internasional-Semar Bipa, December 2019, 211–218.

Qalbi, S. U., & Mulyati, Y. (2024). Representasi Konflik Aceh dalam Cerpen Kontemporer Pascaperjanjian Damai. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 323–337.

Redhana, I. W. (2024). Pembelajaran Digital Pada Abad Ke-21. Researchgate.Net (T. 1, Numeris March).

Rusmana, A., & Dkk. (2019). Komunikasi Budaya dan Dokumentasi Kontemporer. Unpad Press (T. 13, Numeris 1).

Sawerigading, H. A.-, & 2016, undefined. (s.a.). SOSIAL DALAM NOVEL RONGGENG DUKUH PARUK KARYA AHMAD TOHARI (Social Reality in Novel “Ronggeng Dukuh Paruk” by Ahmad Tohari). academia.edu. Gauta 2022 m. balandžio 9 d.

Subkhi Mahmasani. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. 274–282.

Suciyatm, F. (2022). Kesalahan Pemakaian Kata Kerja dalam Tulisan Deskriptif Pemelejar BIPA Jepang.

Sugara, U., & Sugito. (2022). Etnopedagogi: Gagasan dan Peluang Penerapannya di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(2), 93–104.

Ummah, S., Subroto, D. E., Hamzah, M. Z., & Fentari, R. (2022). Permainan Edukatif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Siswa Sekolah Dasar. Attractive : Innovative Education Journal, 4(1), 1–12.

Yasa, I. M. A., Suastra, I. W., Bagus, I., & Arnyana, P. (2024). Kendang Beleq : Navigasi Etnopedagogis Untuk Memahami Kultural Dalam Pendidikan. Widya Sundaram : Jurnal Pendidikan Seni dan Budaya, 02(01), 13–32.

Yustisiabel, J., Hukum, F., Luwuk, U. M., Dhani, A. S., Disemadi, H. S., Sudirman, L., Hukum, F., Batam, U. I., Figure, P., Cipta, H., & Intelektual, K. (2024). Visualisasi Karakter Public Figure Dalam. 8.

Published
2025-09-25
How to Cite
Romadhon, S., Yulianto, B., Mulyono, Suyatno, Soepardi, D., & Yuniseffendri. (2025). Etnopedagogi Genre Fanfiction: Alternatif Pembelajaran Menulis bagi Pemelajar BIPA di KBRI Brussels. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1407-1423. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.21804
Section
Articles