Kesantunan Positif Interaksi Jual Beli Akun Dewi Ck di Tiktok: Analisiss Siber Pragmatik Perspektif Brown dan Levinson


Abstract
Penelitian ini membahas penerapan strategi kesantunan positif dalam interaksi jual beli daring yang dilakukan oleh masyarakat Madura melalui platform TikTok, dengan pendekatan siber pragmatik. Strategi kesantunan positif dipahami sebagai upaya menjaga wajah positif (positive face) mitra tutur melalui sikap menghargai, menunjukkan kesamaan, dan membangun keakraban dalam komunikasi. Penelitian bertujuan untuk menelaah dan menguraikan berbagai bentuk strategi kesantunan positif berdasarkan kerangka teori Brown dan Levinson serta prinsip-prinsip kesantunan menurut Geoffrey Leech. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif dan menggunakan tuturan sebagai bahan kajian pembeli dan penjual pada kolom komentar pada video interaksi jual beli di akun “Dewi Ck” di TikTok. Data dikumpulkan melalui observasi nonpartisipatif terhadap praktik jual beli produk lokal seperti cushion, skincare, deodorant, dan suplemen diet. Hasil analisis menunjukkan bahwa strategi yang dominan digunakan meliputi: memberi perhatian atau ungkapan kesukaan, penggunaan penanda identitas kelompok, menyatakan persetujuan, serta memberikan dan menanyakan alasan. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi tersebut tidak hanya merefleksikan keharmonisan sosial, tetapi juga menegaskan pelestarian identitas budaya Madura dalam komunikasi digital. Oleh karena itu, platform seperti TikTok Shop tidak sekadar menjadi ruang transaksi, tetapi juga medium bagi praktik berbahasa yang santun, inklusif, dan berakar pada nilai-nilai budaya lokal.
Downloads
References
Afandy, S. (2017). Penanaman Nilai-nilai kearifan lokal dalam meningkatkan perilaku keberagamaan peserta didik. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journa, 2 (2), 201–225.
Ahmad, S. A. (2020). Sosiologi Toleransi Kontestasi, Akomodasi, Harmoni. In Deepublish 1 (1).
Ahmadi, A. (2015). Psikologi Sastra. Penerbit Unesa University Press.
Aija, L. P. (2021). Kesantunan Imperatif dalam Kegiatan Webinar Pendidikan “Peran Guru dalam Mengembangkan Pembelajaran Jarak Jauh Menyikapi New Normal #1” Di Youtube Skipsi. Universitas Islam Riau.
Amara, S. H. D., & Zamzamy, A. (2023). Motivasi Konsumen Remaja Surabaya dalam Menggunakan Tiktok Live Video Shopping. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(2), 901-914.
Anindito, A., & Sofia, R. (2024). Perfeksionisme, harga diri, dan kecenderungan depresi pada remaja akhir. Jurnal Psikologi, 31(1), 1–14.
Arif, N. D. (2024). Formation of an Ethical Communication Culture (Pragmatic Studies). Demagogi: Journal of Social Sciences, Economics and Education, 2(6), 345–360.
Astuti, S., Wonua, A. R., & Titing, A. S. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat Dan Persepsi Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tiktok Shop. Journal of Management and Social Sciences (JIMAS)Journal of Management and Social Sciences (JIMAS), Vol.2(4), 147–161.
Ayu, S. A. (2025). Realisasi Kesantunan Berbahasa dalam Seniar pada Kanal Youtube Raditya Dika: Episode "Cantik + Pintar + Berprestasi = Xaviera. An-Nas, 9(1), 35–55.
Brown, P., & Levinson., S. C. (1987). Politeness: Some Universals in Language Usage. Cambridge University Press, 4.
Budiwati, T. R. (2017). Kesantunan Berbahasa Mahasiswa dalam Berinteraksi dengan Dosen di Universitas Ahmad Dahlan : Analisis Pragmatik. The 5TH Flurecol Proceeding, 557–571.
Bunga, S., & Sofyan, F. A. (2022). Bentuk strategi kesantunan tindak tutur positif dan negatif di dalam animasi Bing Bunny: Memberi. Jurnal Multidisipliner Kapalamada, 1(2), 167–174.
Desty, R. (2017). Online Shop dan Perilaku Konsumtif Mahasiswi Jurusan Pendidikan IPS Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. In Universitas Jember. Fakultas: Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
Edi, H., & Ahmad, S. (2020). Komunikasi Antar Pribadi: Perilaku Insani dalam Organisasi Pendidikan. PT. RajaGrafindo Persada-Rajawali Pers.
Effendi, D. I., Safhida, M., & Hariadi, J. (2018). Analisis Deiksis Waktu pada Tuturan Dosen yang Berlatar Belakang Budaya Berbeda. Jurnal SimbolikaResearch and Learning in Communication Study, 4(1), 52–61.
Eka, O. (2022). Perilaku Pencarian Informasi Remaja Akhir Mengenai Hobi: Studi Kasus Pemanfaatan Aplikasi TikTok. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, Dan Kearsipan, 24(1), 51–64.
Fadhila, salsabil D. (2025). Analisis Pandangan Cyberpragmatik di Youtube pada Poadcast Akun Sosial Media Deddy Corbuzier.
Fadia, N. (2025). Analisis Strategi Pemberian Reward dalam Meningkatkan Minat Belajar pada Siswa Kelas IV MI Darul Ulum Semarang. Jurnal Guru Sekolah Dasar, 1(5), 1–10.
Fairuz, sany D. (2025). Analisis Wacana Toleransi dalam Kontenlogin Season 1 pada Akun Youtube Deddy Corbuzier. Universitas Islam Indonesia.
Farohah, F. (2024). Analisis Tuturan Tabu Mayden Dalam Live Promosi Aplikasi Tik Tok (Kajian Sosiolinguistik). Institut Agama Islam Negeri Madura.
Fauzi, P. A. (n.d.). Transformasi Komonikasi Budaya dalam Perilaku Konsumtif Belanja Online pada Mahasiswa Perantau di Kota Palembang. Universitas Bina Darma.
Febriani, N., & Dewi, W. W. A. (2019). Perilaku konsumen di era digital: Beserta Studi Kasus. Universitas Brawijaya Press.
Griffin, J. (2016). Customer Loyality. Erlangga.
Hamka, M., Sa’diyah, M., & Agusman Agusman. (2024). Prinsip Menjaga Hubungan Baik dengan Pelanggan pada Manajemen Mutu Terpadu dalam Perspektif Islam: The Principle of Maintaining Good Relationships with Customers in Total Quality Management from an Islamic Perspective. Jurnal Kajian Islam, 1(2), 132–146.
Hamsiyah, A., Widiyaningsih, R., Bunga, J., Dia, E. E., Maisaroh, S., Mu’minin, Kurniawati, Y., Sukowati, I., & Serapina. (2023). Pengantar Bahasa Dan Sastra Indonesia (Septiano). PT. Sonpedua Publishing Indonesia.
Haro, A., Saktisyahputra, Herinah, Olivia, S., & Laksono, R. D. (2024). Buku Ajar Komonikasi Digital.
Hartono, J. (2018). Metode Pengumpulan dan Teknik Analisis Data.
Intan, R., & Pujiati, T. (2019). Rahmawati, Intan, and Tri Pujiati. "Pelanggaran Prinsip Kesopanan Dan Prinsip Kerja Sama Pada Pelayanan Pengunjung Di Hero Supermarket Emerald Bintaro (Kajian Pragmatik). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 25–38.
International, A., & Harrison, T. (2021). Pastoral Care in Education A New Educational Model for Online Flourishing : A Pragmatic Approach to Integrating Moral Theory for Cyber-flourishing A New Educational Model for Online Flourishing : A Pragmatic Approach to Integrating Moral Theory for. Pastoral Care in Education, 00(00), 1–24.
Kania, N. A., & Islam, M. F. N. (2024). Peran Penting Bahasa dalam Komunikasi untuk Membangun Hubungan Pertemanan di Kampus. Kajian Administrasi Publik Dan Ilmu Komunikasi, 1(4), 69–76.
Khotimatul, H. N., & Mala, I. K. (2024). Strategi pemasaran konten dalam meningkatkan interaksi konsumen di media sosial. Ekomonika, 12(2), 21–31.
Leech, G. (1983). Prinsip-Prinsip Pragmatik. Universitas Indonesia Press.
Mahran, Z. A., & Sebyar, M. H. (2023). Pengaruh Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 terhadap Perkembangan E-commerce di Indonesia. Hakim: Jurnal Ilmu Hukum Dan Sosial, 1(4), 51-67.
Mawarni, & Prasti, E. (2024). Penyelesaian Komplain Konsumen Dalam Sistem Jual Beli Online Pada Aplikasi Shopee Dalam Perspektif Hak Khiyar. IAIN Metro.
Miftakhudin, H., Puspita, A. R., & Rosita, F. Y. (2025). Identitas dan Bahasa di Pondok Pesantren: Kajian Sosiolinguistik. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Dan Sastra, 2(2), 61–70.
Muhammad, S. (2025). Komunikasi Persuasif Pedagang Dan Pelanggan Pasar Kranji Dalam Mempertahankan Penjualan. Universitas Nasional.
Mulyadi, M., & Bukhory, U. (2019). Stratifikasi sosial ondhâg bâsa bahasa Madura. NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial Dan Keagamaan Islam, 16(1), 1–18.
Mulyono, F. (2021). Dampak media sosial bagi remaja. Urnal Simki Economic, 4(1), 57–65.
Murphy, K., Kirkman, G. A., Seres, S., & Haites, E. (2014). Technology transfer in the CDM : an updated analysis. Climate Policy, 15(1), 37–41.
Mushthafa, M., & Khunaini, F. (2019). Rekonstruksi Kerangka Etis untuk Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Sumenep: Perspektif Islam dan Kearifan Lokal. Jurnal Pemikiran Dan Ilmu Keislaman, 2(2), 428–474.
Nada, Z. Q. (2019). Seni Berbicara di Depan Siswa (Jakarta). Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.
Najwah. (2018). Jurnal Najwah. Universitas Mataram.
Naufal, Rg., & Saputra, W. (2024). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas Konsumen Dalam Industri Jasa (Study Literature Review). Jurnal Greenation Sosial Dan Politik, 2(2), 88–99.
Nurhayati, L. H. S. Z. Q. N. (2024). Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam. Estô Dalam Masyarakat Madura: Peran Kiai Dan Blater Dalam Mempertahankan Solidaritas Sosial Di Era Modern., 21(1), 114–128.
Oyon, S., & Bazari, A. (2020). Pengaruh Komonikasi Interpersonal dan Komonikasi Nonverbal Terhadap Minat Beli Konsumen Axis. Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(1), 92–104.
Pamungkas, Y. C., Moefad, A. M., & Purnomo, R. (2024). Konstruksi realitas sosial di indonesia dalam peran media dan identitas budaya di era globalisasi. Metta: Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(4), 28–36.
Prahesti, R. I. (2025). Analisis tindak tutur ilokusi dalam film. Universitas Islam Sultan Agung.
Pramujiono, A., Suhairi, Rachmadtullah, R., Indrayanti, T., & Setiawan, B. (2020). Kesantunan Berbahasa, Pendidikan Karakter, dan Pembelajaran yang Humanis (R. Pujiastuti (ed.)). Indocamp.
Purnomo, A., Putikadyanto, A., Soepardjo, D., & Agusniar, M. (2025). Strategi Permintaan Maaf dalam Interaksi Jual Beli Etnis Madura : Kajian Etnocyberpragmatik Pendahuluan Tuturan permintaan maaf memegang peranan penting dalam komunikasi sosial karena. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 6(1), 989–1006.
Purwendah, E. K. (2019). Konsep keadilan ekologi dan keadilan sosial dalam sistem hukum Indonesia antara idealisme dan realitas. Jurnal Komunikasi Hukum, 5(2), 139–151.
Rahardi, R. K. (2019). Mendeskripsi Peran Konteks Pragmatik : Menuju Perspektif Cyberpragmatics. 3(2), 164–178.
Rahardi, R. K. (2020). Konteks Eksternal Virtual dalam Pragmatik Siber Virtual External Contexts in Cyberpragmatics. Jurnal Ketatabahasaan Dan Kesusastraan, 15(2), 154–165.
Ring, E., & Manafe, L. A. (2024). Memahami Pengalaman Konsumen dalam Membeli Produk Skinpedia Melalui Tiktok Shop. Jurnal Cendikia Ilmiah, 3(5), 5337–5348.
Rochmah Anisatur. (2024). Tinjauan Maqasid Syari'ah terhadap Penutupan Jual Beli pada PlatfromTiktok. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Rohman, M. A. (2024). Strategi Kesantunan Positif Guru Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp Muhammadiyah 9 Boarding School. 4(1), 1–19.
Rusdi, R., & Syukriady, D. (2024). Sapaan Santun Iye Dan Tabe Dalam Falsafah Budaya Suku Bugis-Makassa. Jurnal Pendidikan, Pengajaran, Bahasa, Dan Sastra, 2(2), 344–345.
Santoso, Edy, Ema Nurzainul Hakimah, and S. R. (2023). Perspektif Pelaku Umkm Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Produk Untuk Menciptakan Kepuasan Dan Loyalitas. Prosiding Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi., 8, 1–600.
Sartini, & Wayan, N. (2016). Strategi kesantunan berbahasa diaspora orang Bali di Jawa Timur dalam situasi formal. Mozaik Humaniora, 16(2).
Setiadi, G. (2024). Bahasa Sebagai Simbol Peradaban Kehidupan Manusia Dalam Berkomunikasi Dan Bersosialisasi. Jurnal Bidang Pendidikan, Linguistik Dan Sastra Indonesia, 2(1), 1–24.
Setiadi, N. J. (2019). Perilaku Konsumen Perspektif Kontemporer pada Motif Tujuan dan Keinginan Konsumen. PranadaMedia Groub.
Sitompul, M., & Yani., I. (2025). Pragmatik Layanan Pelanggan Shopee: Studi Tindak Tutur Penjual@ Glad2Glow Official Store. Urnal Pendidikan, Sosial Dan Humaniora, 1(4), 815-823.
Sri, D. A., Wahyuni, D., Setianto, E., & Rahayu, R. (2022). Dinamika Identitas dalam Bahasa dan Sastra. Dunia Pustaka Jaya.
Susanto, R. (2021). Analisis Tuturan Negosiasi Penjual-Pembeli di Pasar Tradisional di Kota Kolaka: Analisis Pragmatik. Universitas Hasanuddin.
Tamrin, F. (2024). Konsep Solidaritas Sosial dalam Masyarakat Modern perspektif Émile Durkheim: The Concept of Social Solidarity in Modern Society: Émile Durkheim’s Perspective. Journal of Community Development and Disaster Management, 6(2), 129–147.
Tony, W., & Budiman, S. (2024). Isu-Isu Kontemporer Pemasaran Dan Bisnis. Deepublish.
Turnia, S. (2021). Eksistensi Diri Pelanggan Online Shop. Univeristas Komputer Indonesia.
Vinnawaty, S. (2024). Membangun Solidaritas Melalui Komunikasi Interpersonal: Studi Interaksi Simbolik Di Komunitas Gang Milan Yang Multikultural. BroadComm, 6(2), 43–53.
Wahyu, A. (2024). Humor untuk Mengatasi Ketegangan Teologis dan Potensi Konflik di Media Sosial. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(4), 725–743.
Yuniarti, N. (2014). Implikatur Percakapan dalam Percakapan Humor. Jurnal Pendidikan Bahasa, 3(2), 225–240.
Yunus, N. H., Muttalib, A., & Awalia, P. (2025). Implementasi Prinsip Kesantunan Berbahasa antara Penjual dan Pembei dalam Transaksi Live Streaming Media Sosial. Journal Peqguruang: Conference Series, 6(2).
Yus, F. (2021). Cyberpragmatics Internet-mediated communication in context. John Benjamins Publishing Company.
Copyright (c) 2025 GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia uses an Open Access Policy under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Ghancaran Journal holds the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a
The work is distributed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which allows others to share, copy, and redistribute the material in any media or format and adapt, remix, change, and develop the material even for commercial purposes, as long as it is stated credit and license derivative works under similar terms. - Authors may make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the journal's published work version.
- Authors are permitted to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during submission, as doing so may lead to productive exchange.