Dapatkah Label Halal, Harga, dan Lokasi Menentukan Keputusan Pembelian Produk UMKM Madura Melalui Minat?


Abstract
Sebelum melakukan keputusan pembelian biasanya konsumen akan memerhatikan beberapa factor seperti harga, lokasi, dan produk itu sendiri. Sebagai pulau yang terkenal dengan religiusitas yang tinggi, masyarakat Madura harus memastikan kehalalan produk yang dikonsumsinya sehingga muncul minat sebelum memutuskan pembelian. Artikel ini bertujuan untuk menguji label halal, harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian yang dimoderasi oleh minat pembelian produk UMKM berupa cemilan Madura. Pendekatan yang digunakan dalam artikel ini yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanasi. Artikel ini menngunakan data primer berupa kuisioner yang disebarkan melalui google form ke seluruh masyarakat di Madura yang berusia 17 tahun ke atas. Populasi penelitian ini bersifat infinitive/ tidak dapat ditentukan jumlahnya sehingga sampel diambil dengan menggunakan rumus lemeshow dengan tingkat 10% atau sebanyak 96 responden. Data dikumpulkan dengan cara menyebar kuisioner dalam bentuk link GF dilakukan secara acak. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis validitas, reabilitas, dan uji hipotesis menggunakan alat uji Smart PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa label halal tidak dapat memrediksi minat maupun keputusan pembelian. Sementara harga dapat memrediksi keputusan pembelian melalui minat. Meskipun variable lokasi tidak dapat memrediksi keputusan pembelian, namun dapat memrediksi minat beli konsumen.
Downloads
References
Aisyiyah Nur Aldilla, Annisa Zahra Salsabilla, and Nurharyanti. “Pengaruh Saluran Distribusi Dan Kebijakan Promosi Terhadap Perilaku Pembelian Konsumen Dan Dampaknya Terhadap Volume Penjualan.” Jurnal Ilmu Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis 2, no. 1 (2024): 1–8. https://doi.org/10.30787/jiembi.v2i1.1399.
AKRIM ASHAL LUBIS. “PENGARUH HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SURAT KABAR PADA PT. SUARA BARISAN HIJAU HARIAN ORBIT MEDAN.” Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis 16, no. 02 (2015): 1–11.
Al’asqolaini, Muchsin Zuhad, and Ahmad Junaidi Musthofa. “Kualitas Produk Dan Harga Dalam Meningkatkan Minat Pembelian Konsumen Pada Rebana NS Di Kabupaten Gresik.” Jurnal Manajemen Bisnis 17, no. 2 (2020): 240. https://doi.org/10.38043/jmb.v17i2.2369.
Alma, Buchari. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta, 2014.
Bulan, Tengku Putri Lindung. “Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Sosis Di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang.” Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam 5, no. 1 (2016): 431–39.
Darmansah, Aprillia, and Sri Yanthy Yosepha. “Pengaruh Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Aplikasi Shopee Di Wilayah Jakarta Timur.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya 1, no. 1 (2020): 15–30. https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/2.
Desy Kristiane. “Labelisasi Halal Dan Haram.” Tadayun: Jurnal Hukum Ekonomi Syariah 2, no. 1 (2021): 59–74. https://doi.org/10.24239/tadayun.v2i1.21.
Fernos, J, and A S Ayadi. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Donat Madu Lapai.” Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu … 3 (2023): 593–604. https://www.valuasi.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/view/208%0Ahttps://www.valuasi.lppmbinabangsa.id/index.php/home/article/download/208/152.
Hoiriyah, Yuliana Ulfidatul, and Yustina Chrismardani. “Pengaruh Gaya Hidup Halal, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Ms Glow (Studi Pada Mahasiswi Universitas Trunojoyo Madura).” Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM) 1, no. 2 (2021): 115–20. https://doi.org/10.21107/jkim.v1i2.11590.
Kementrian Agama Republik Indonesia. Al Quran Wanita Dan Keluarga. Edited by Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al Quran. Jakarta: Al Huda Kelompok Gema Insani, 2016.
Latief, A. “Analisis Pengaruh Produk, Harga, Lokasi Dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Warung Wedang Jahe (Studi Kasus Warung Sido Mampir Di Kota Langsa).” Jurnal Managemen Dan Keuangan 7, no. 1 (2018): 90–99.
M. Ajis Susilo, Syariefful Ikhwan, and Slamet Bambang Riono. “Pengaruh Saluran Distribusi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Cleo.” GEMILANG: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi 2, no. 3 (2022): 102–14. https://doi.org/10.56910/gemilang.v2i3.115.
Nurhayaty, Maria. “Strategi Mix Marketing (Product, Price, Place, Promotion, Eople, Process, Physical Evidence) 7P Di Pd Rasa Galendo Kabupaten Ciamis.” Jurnal Media Teknologi 8, no. 2 (2022): 119–27. https://doi.org/10.25157/jmt.v8i2.2669.
President of The Republic of Indonesia. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Bidang Jaminan Produk Halal.” Goverment of The Republic of Indonesia, no. 086085 (2021): 1–110. http://www.halalmui.org/images/stories/kebijakan-halal-di-indonesia/PP_Nomor_39_Tahun_2021.pdf.
Puspita, Cindy Mega, and Agung Budiatmo. “Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi Di Kota Semarang).” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 9, no. 3 (2020): 268–75. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28079.
Qardhawi, Y. Halal Haram Dalam Islam Solo. Edited by & Saptorini W. Ahmadi, M. Badawi and Trans. Solo: Era Intermedia., 2007.
Razak, Mashur. Perilaku Konsumen. Makassar: Alauddin University Press, 2016.
Samsul Arifin. Pemasaran Era Milenium. Yogyakarta: Deepublish, 2019.
Sari, Arista Fauzi Kartika, and Junaidi. “Fenomena Label Halal Is It a Awareness or Branding.” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam 6, no. 1 (2020): 87. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i1.915.
Suhardi, Yusuf, Agustian Burda, Zulkarnaini, Arya Darmawan, and Laras Oktavia. “Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian.” Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis 4, no. 2 (2023): 583–94. https://doi.org/https://doi.org/10.36407/jmsab.v4i1.381.
Sumarwan, Ujang. Perilaku Konsumen. Edited by Devi Ayuni. Cetakan Ke. Banten: Universitas Terbuka, 2018.
Suri Amilia, and M. Oloan Asmara Nst. “Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi Di Kota Langsa.” Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam 6, no. 1 (2017): 660–69.
Suryani, Tatik. Perilaku Konsumen Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2012.
Zulaicha, Santri, and Rusda Irawati. “Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam.” Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis 4, no. 2 (2016): 123. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v4i2.76.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial Share-Alike license. All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download.
• Creative Commons Attribution-NonCommercial (CC-BY-NC)
Iqtishadia: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah by http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/iqtishadia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.iainmadura.ac.id.