Chain Writing Berbasis Gamifikasi: Strategi Instruksional untuk Menulis Paragraf yang Kohesif dan Koheren


Abstract
Menulis paragraf merupakan keterampilan yang esensial untuk dimiliki mahasiswa. Keterampilan ini berperan fundamental dalam pengembangan keterampilan lainnya, seperti berpikir kritis, berpikir logis, berpikir kreatif, dan penyampaian gagasan secara efektif serta efisien. Meskipun demikian, esensi ini perlahan terabaikan akibat penyalahgunaan teknologi. Salah satu upaya untuk menguatkan pemahaman dan mengasah keterampilan menulis paragraf adalah dengan inovasi pembelajaran berbasis gamifikasi. Penelitian ini bertujuan menjabarkan implementasi chain writing berbasis gamifikasi di kelas perkuliahan Pendidikan Bahasa Indonesia. Penelitian ini memanfaatkan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa kelas Pendidikan Bahasa Indonesia. Data berupa deskripsi pelaksanaan pembelajaran yang dikumpulkan dengan observasi dan paragraf hasil tulisan mahasiswa yang dikumpulkan dengan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model alir. Penelitian ini menemukan bahwa (1) sintaks pembelajaran chain writing dapat diterapkan dengan berbasis gamifikasi; (2) paragraf yang ditulis mahasiswa menggunakan beragam piranti kohesi (kohesif); (3) paragraf yang ditulis mahasiswa memuat hubungan parataksis dan hipotaksis sehingga membentuk koherensi; (4) sebagian besar mahasiswa memberikan respons dan perspektif yang positif terhadap strategi yang diterapkan. Dengan demikian, disimpulkan bahwa strategi chain writing berbasis gamifikasi merupakan strategi yang andal untuk membantu mahasiswa memperdalam pemahaman dan terampil menulis paragraf.
Downloads
References
Alfarizi, S. G., Muti’ah, A., & Widayati, E. S. (2017). The Development of Writing Short Story Teaching Material Based on the Local Wisdom for the Eleventh Grade Students in Situbondo. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4(7).
Al-Hafdi, F. S., & Alhalafawy, W. S. (2024). Ten Years of Gamification-Based Learning: A Bibliometric Analysis and Systematic Review. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 18(07), 188–212.
Anto, P., Rahman, F., & Umami, S. (2021). Analysis of Lexical and Grammatical Cohesion in Short Stories Nasi Aking untuk Calon Presiden by Manaf Maulana as a Discourse Learning Media. Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 144–154. Diambil dari
Arruzza, E., & Chau, M. (2021). A scoping review of randomised controlled trials to assess the value of gamification in the higher education of health science students. Journal of Medical Imaging and Radiation Sciences, 52(1), 137–146.
Cahyaningtyas, A. N., Riyadi, S., & Kariadi, M. T. (2024). Using Chain Writing Method to Improve the Students’ Skills in Writing Descriptive Texts. Jurnal Vokasia, 4(1), 1–15.
Daniel, F., & Taneo, P. N. L. (2019). Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Penyusunan Proposal Penelitian Pendidikan Matematika. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 4(2), 79.
Dewi, A., Silviany, I. Y., & Pratikno, H. (2023). Kemampuan Bernalar dan Pengembangan Alinea dalam Membuat Wacana Mahasiswa Universitas Islam Bandung. Jurnal Bastrindo, 4(2), 136–152.
Efendi, A. N., Naimah, N., Rizqi, S., Abni, N., Subargo, Y. L., & Kurniawati, E. (2023). Kohesi dan Koherensi pada Berita Kompas.com Berjudul “Jumlah Warga Indonesia Berisiko Terjangkit Corona Capai 700.000 Orang.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Metalingua, 8(1), 1–7. Diambil dari
Ginga, U. A., & Zakariya, Y. F. (2020). Impact of a Social Constructivist Instructional Strategy on Performance in Algebra with a Focus on Secondary School Students. Education Research International, 2020, 1–8.
Hidayat, R., Asyhar, M., Jafar, S., Musaddat, S., & Murahim. (2023). Penyuluhan Bentuk Kesalahan Berbahasa Skripsi bagi Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Darma Diksani: Jurnal Pengabdian Ilmu Pendidikan, Sosial, dan Humaniora, 3(1), 36–48.
Hidayatullah, & Setiawan, B. (2024). Empowering students’ collaborative skills sustainability by utilizing problem-based learning as an instructional strategy in online learning. Cogent Education, 11(1).
Holguin-Alvarez, J., Cruz-Montero, J., Ruiz-Salazar, J., Atoche Wong, R. L., & Merino-Flores, I. (2025). Effects of feedback dynamics and mixed gamification on cognitive underachievement in school. Contemporary Educational Technology, 17(1), ep551.
Ismail, A. (2022). KOHESI DAN KOHERENSI DALAM ARTIKEL ILMIAH POPULER DI MEDIA MASSA. Jurnal Bilingual, 11(1).
Jasmienti, J. (2018). Analisis Kesalahan Penulisan Paragraf dalam Skripsi Mahasiswa IAIN Bukittinggi. Ta’dib, 21(1), 51.
Khaldi, A., Bouzidi, R., & Nader, F. (2023). Gamification of e-learning in higher education: a systematic literature review. Smart Learning Environments, 10(1), 10.
Latifah, U., & Iling, K. B. (2024). Problematika Retorika Nalar dalam Penulisan Teks Ilmiah Mahasiswa. PROGRESIF, 2(2), 1–11.
Manzano-León, A., Camacho-Lazarraga, P., Guerrero, M. A., Guerrero-Puerta, L., Aguilar-Parra, J. M., Trigueros, R., & Alias, A. (2021). Between level up and game over: A systematic literature review of gamification in education. Sustainability (Switzerland), 13(4), 1–14.
Marganingsih, M., Hasani, A., & Riansi, E. S. (2022). Increasing the Activity and Skills of Writing Hots Negotiating Text Through Audio-Visual Media. Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 6(2), 100–107. Diambil dari
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. SAGE.
Murillo-Zamorano, L. R., López-Sánchez, J. Á., López-Rey, M. J., & Bueno-Muñoz, C. (2023). Gamification in higher education: The ECOn+ star battles. Computers & Education, 194, 104699.
Nastiti, A. P., & Yuliarti. (2020). Analisis Kesalahan Berbahasa pada Makalah Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Semarang. ALFABETA Jurnal Bahasa Sastra dan Pembelajarannya, 3(2).
Nilubol, K., & Sitthitikul, P. (2025). Exploring the Transformative Effects of Gamified Learning on Writing and Metacognition in an EFL University Context: An Account of Blended Learning Landscape. LEARN Journal: Language Education and Acquisition Research Network, 18(1), 513–551.
Nur, S., Nurhadi, N., & Pratiwi, Y. (2023a). MENGAPA SISWA TERKENDALA MENGEKSPOS GAGASAN? (KENDALA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI). International Seminar on Language, Education, and Culture (ISoLEC), 7(1), 361–367.
Nur, S., Nurhadi, N., & Pratiwi, Y. (2023b). Revolusi Buku Ajar Bermuatan Teks Multimodal Terintegrasi Media: Kurikulum Merdeka. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Nuralam, I., Wikanengsih, & Tri Sudrajat, R. (2024). Application of Chain Writing Method to Improve Short Story Writing Skills in Grade VIII Students of SMP Negeri 16 Cimahi. JLER (Journal of Language Education Research), 7(2), 81–97.
Nursalam, M Rais Salim, Israwati Amir, Abd. Rahim, Asia M, Suhartatik, & Sari, N. P. (2023). Digitalisasi Pembelajaran Menulis Paragraf Berbasis Media Padlet pada Kelas Perkuliahan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
Pertiwi, A. (2019). Chain Writing Method and Media Picture in English Descriptive Texts Learning. INFERENCE: Journal of English Language Teaching, 2(1).
Primasari, Y., Puspita Sari, H., & Sutanti, N. (2021). The Chain Writing Method in Learning Writing for Information Technology Faculty Students: The Effectiveness. JARES (Journal of Academic Research and Sciences), 6(2), 49–58.
Rani, A., Arifin, B., & Martutik, M. (2004). Analisis Wacana: Sebuah Kajian Bahasa dalam Pemakian . Malang: Bayumedia Publishing.
Rao, K., Torres, C., & Smith, S. J. (2021). Digital Tools and UDL-Based Instructional Strategies to Support Students With Disabilities Online. Journal of Special Education Technology, 36(2), 105–112.
Rentel, E. (1988). Identifying Cohessive Harmony. Dalam J. Green & J. O. Harker (Ed.), Multiple Perspektif Analysis of Classroom Discourse . New Jersey: Ablex Publ. Co.
Rozani, M., Asista, A., & Hartati, L. (2024). Kesalahan Berbahasa Mahasiswa Universitas Bangka Belitung: Studi Kasus Makalah Mahasiswa. Jurnal Bindo Sastra, 8(1).
Rusino, R. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Siswa Menulis Teks Prosedur melalui Model Pembelajaran Chain Writing dI SMP. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 5(1), 6.
Sa’idah, N. L., Mi’rotin, S., & Agustin, F. R. (2021). Estafet Writing Method to Improve Arabic Writing Skills Outcomes: Experimental Study on Indonesian Middle School Students. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 9(2), 205–214.
Sanca, F. G., Megawati, E., & Ikhwati, A. (2021). The Cohesion’s Elements of Education Articles in Kompasiana. Hortatori : Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 5(2), 118–127.
Septiana, N., & Fadhilah, M. N. (2024). Pemanfaatan Gamifikasi dalam Ekopedagogi untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Anak. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 239–253.
Sofyaningrum, R., & Habibah, N. (2021). MEDIA CETAK MENJADI TRENDSETTER BAHASA? KOHESI DAN KOHERENSI. RUANG KATA: Journal of Language and Literature Studies , 1(02), 81–96.
Sukmawaty. (2017). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Skripsi Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Kharisma Makassar. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 10(1).
William, O., Ngozi, A., & Anthony, U. (2020). Improving Biology Students’ Interest and Achievement through Collaborative Instructional Strategy. Journal of Education, Society and Behavioural Science, 9–20.
Wulandari, I., Kurniawan, D., & Sakti, K. F. L. (2021). Efektivitas Metode Chain Writing terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskriptif Bahasa Mandarin Mahasiswa Pendidikan Bahasa Mandarin Angkatan 2018 Universitas Negeri Malang. JoLLA: Journal of Language, Literature, and Arts, 1(7), 922–932.
Yetti, E., Yufiarti, Syarah, E. S., Pramitasari, M., Suharti, Iasha, V., & Setiawan, B. (2021). The Influence of Dance Instructional Strategy and Teacher’s Pedagogy Competence on Classroom Climate. İlköğretim Online, 20(1), 642.
Zhan, Z., He, L., Tong, Y., Liang, X., Guo, S., & Lan, X. (2022). The effectiveness of gamification in programming education: Evidence from a meta-analysis. Computers and Education: Artificial Intelligence, 3, 100096.
Zhihao, Z., & Zhonggen, Y. (2022). The Impact of Gamification on the Time-Limited Writing Performance of English Majors. Education Research International, 2022.
Copyright (c) 2025 GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia uses an Open Access Policy under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Ghancaran Journal holds the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a
The work is distributed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which allows others to share, copy, and redistribute the material in any media or format and adapt, remix, change, and develop the material even for commercial purposes, as long as it is stated credit and license derivative works under similar terms. - Authors may make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the journal's published work version.
- Authors are permitted to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during submission, as doing so may lead to productive exchange.