Peran Strategis Perpustakaan dalam Pengembangan Bahasa Akademik melalui Trigatra Bangun Bahasa di IAIN Madura


Abstrak
Artikel ini menjelaskan tentang pengembangan bahasa akademik di IAIN Madura melalui pendekatan Trigatra Bangun Bahasa. Ini mencakup tiga aspek utama: pemeliharaan bahasa, pembinaan, dan pengembangan.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif untuk menganalisis peran strategis perpustakaan sebagai fasilitator utama dalam meningkatkan literasi akademik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pemeliharaan bahasa Indonesia diperlukan untuk mempertahankan eksistensinya sebagai bahasa akademis, pengembangan terjadi melalui pelatihan menulis dan peningkatan akademik. Selain itu, perkembangan bahasa melibatkan penciptaan istilah-istilah ilmiah baru untuk mengakomodasi kemajuan ilmiah. Perpustakaan berperan penting dengan memberikan akses terhadap fasilitas sastra, pendidikan, dan teknis, termasuk digitalisasi bahasa daerah seperti Madura dan penguatan kemampuan bahasa asing untuk persaingan global. Penerapan Trigatra Bangun Bahasa di lingkungan perguruan tinggi memperkuat jati diri bangsa, meningkatkan kualitas publikasi ilmiah, dan mendukung akses pengetahuan yang inklusif.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Hasanuddin, C. (2017). Analisis kesalahan kebahasaan redaksi media eksternal pada masa Kabupaten Bojonegoro. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 17(1), 120.
Mulyati, Yeti; Pramukti, E.B. (2016). Materi Pokok Bahasa Indonesia (S. Nurhayati (ed.); Tiga Puluh). PT. Sekolah.
Puspitasari, A. (2017). Mengembangkan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam pendidikan dan pengajaran. Tamaddun, 16(2), 81-87.
Zulkifli, O. (2013). Pembelajaran bahasa komprehensif: Apa perspektif siswa? Jurnal Pengajaran Bahasa dan Sastra, 13(2), 102-117.
Moleong, LJ (2018). Metode penelitian kualitatif. Bandung :Remaja PT Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Khatibah, K. (2011). Penelitian perpustakaan. Iqra': Jurnal Perpustakaan dan Informasi, 5(01), 36-39.
Zed, M. (2008). Metode penelitian perpustakaan. Yayasan Perpustakaan Obor Indonesia.
Sari, R. K. (2021). Penelitian tentang pengembangan pendidikan bahasa Indonesia. Jurnal Humaniora Kalimantan, 4(2), 60-69.
Ubaedillah, A. (2016). Pendidikan Pancasila tentang kewarganegaraan, demokrasi dan anti korupsi. Komunikasi Prenada.
Eskha, A. (2018). Peran perpustakaan sebagai sumber belajar. Jurnal Imam Bonjol: kajian perpustakaan dan informasi, 2(1), 12-18.
Nurcahadi, I. (2020). Peran perpustakaan dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa pascasarjana ISI Yogyakarta.
Ginting, SUB, Nofasari, E., Dina, R., Ismail, I. dan Kartolo, R. (2024). SOSIALISASI BAHASA TRI GATRA, ARTINYA :
PRIORITISASI BAHASA INDONESIA, PELESTARIAN BAHASA DAERAH, PENGUASAAN BAHASA ASING PADA MASYARAKAT JALUR TELAGAH KABUPATEN SEI BINGAI. Majalah ADAM: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 72-79.
La'biran, R. (2024). BAHASA DAN SASTRA INDONESIA (Temukan kekayaan budaya dan bahasa bangsa).