Analisis Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Berbasis E-Commerce Pada Bisnis Online “Belanja Diaku” Di Era Digital 5.0


Abstrak
Perkembangan teknologi digital di era 5.0 telah membawa perubahan signifikan pada dunia bisnis, khususnya dalam penerapan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) berbasis e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi SIA berbasis e-commerce pada bisnis online Belanja Diaku yang bergerak di bidang fashion thrift menggunakan platform Shopee dan media sosial TikTok Live sebagai saluran penjualan dan pemasaran. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SIA pada Belanja Diaku berjalan efektif terutama dalam pencatatan transaksi penjualan dan pembelian yang terintegrasi dengan platform e-commerce dan metode pembayaran digital seperti ShopeePay dan virtual account. Pemanfaatan live streaming pada TikTok terbukti meningkatkan efektivitas pemasaran dan interaksi dengan pelanggan. Namun, penelitian ini menemukan beberapa kendala seperti pengendalian stok yang masih dilakukan secara manual dan kurangnya analisis laporan keuangan secara otomatis. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam pemahaman integrasi teknologi digital dan akuntansi dalam mendukung operasional UMKM di era digital 5.0.
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ardian, F., dan Nawawi, Z. (2022). PENTINGNYA PEMAHAMAN E-COMMERCE BAGI MASYARAKAT DI ERA DIGITAL. Economic Reviews Journal, 1(2), 109–120. https://doi.org/10.56709/mrj.v1i2.21
Bahari, W. M., Nabila, A. P., Hidayat, R., dan Kusumasari, I. R. (2024). STUDI KASUS E-COMMERCE SHOPEE: PENGARUH KONDISI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA ONLINE (Vol. 9).
Bordnar, G. H., dan William, H. S. (2006). SISTEM INFORMASI AKUNTANSI, Edisi 9, Editor Prabantini, Penerbit ANDI, Yogyakarta.
Gudiato, C., Sediyono, E., dan Sembiring, I. (2022). ANALISIS SISTEM E - COMMERCE PADA SHOPEE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING. 2(1), 6–10.
Hendarsyah, D. (2019). E-COMMERCE DI ERA INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 8(2), 171–184. https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v8i2.170
Hidayatis, A., dan Mulatsih, E. S. (2023). ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN ONLINE BERBASIS E – COMMERCE DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ( STUDI KASUS UMKM PYO JEWELRY). JEMBATAN (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis, Auditing, Dan Akuntansi), 8(1), 11–20. https://doi.org/https://doi.org/10.54077/jembatan.v8i1.137
Jannah, A. N., dan Triyanto, E. (2021). ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI BERBASIS E- COMMERCE PADA UMKM (Vol. 1). https://doi.org/10.37058/jak.v1i1.2800
Kristianto, G., Yuliarti, L., dan Istiningrum, R. F. (2024). SOSIALISASI DAMPAK PROFESI AKUNTANSI PADA ERA DIGITAL 5.0. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 4(2), 253–263. https://doi.org/10.55606/kreatif.v4i2.3666
Maulana, A. R., dan Kustiwi, I. A. (2024). PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI DI ERA DIGITAL. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 2(1), 35–41.
Pradana, M. (2015). PEMASARAN DIGITAL : ADOPSI MEDIA SOSIAL PADA UKM. KLASIFIKASI BISNIS E-COMMERCE DI INDONESIA, 27(1), 174.
Sugiyono. (2016). MEMAHAMI PENELITIAN KUALITATIF, Alfabeta CV, Bandung.
Tukino, Dahlan, Mekar, Yudi, dan Triyugo. (2023). STRATEGI BISNIS E-COMMERCE.
Wahyu, I. N. (2021). ANALISIS YANG MEMPENGARUHI NIAT BERTRANSAKSI ONLINE E-COMMERCE SHOPEE DI KOTA DENPASAR PROVINSI BALI ANALYSIS THAT AFFECTS INTENTION TO TRANSACT ONLINE AT SHOPEE E- COMMERCE IN DENPASAR CITY, BALI PROVINCE Perkembangan dunia pemasaran kini telah mengalam. 1(2), 70–81.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Non-Commercial Share-Alike license. All articles published Open Access will be immediately and permanently free for everyone to read and download.
• Creative Commons Attribution-NonCommercial (CC-BY-NC)

Shafin: Finance and Sharia Accounting Journal by http://http://ejournal.iainmadura.ac.id/index.php/shafin is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.iainmadura.ac.id.