Pendampingan UPTD SMA Negeri 1 Tammerodo berbasis Asset-Based Community Development (ABCD) untuk memenuhi Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020

  • Muhammad Saddang Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Muhammad Idris Hasanuddin Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Kamus Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Saadal Jannah Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab Makassar
  • Yahya Komarudin STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau
  • Umri MIS Darussalam Sengkae
  • Rahmat Kurniawan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Nurul Hazirah Hamzah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Muhammad Gufran Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
  • Yuni Purnama Sari Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene
Abstract views: 143 , PDF downloads: 64
Keywords: UPTD SMAN 1 Tammerodo, accreditation, IASP 2020, ABCD approach, school mentoring

Abstract

SMAN 1 Tammerodo was established in 2021 as a transition from PGRI Sendana Private High School. Before its establishment, many junior high school graduates and equivalents from Tammerodo District continued their education at SMAN 1 Sendana. This was because the majority of Tammerodo's population preferred state schools over private ones. The STAIN Majene Service Team implemented an innovative mentoring strategy for SMAN 1 Tammerodo to fulfil the 2020 Education Unit Accreditation Instrument (IASP) by applying the Asset-Based Community Development (ABCD) approach. The Service Team provided assistance through appreciative interview activities, asset potential mapping, linking and mobilizing assets, action plan preparation, and monitoring and evaluation. The results showed that SMAN 1 Tammerodo received a Not Accredited status because the score from the accreditation visitation did not reach 71 across the four components of the accreditation instrument. A school unit can achieve accreditation if it scores between 71 and 100. The assistance provided by the STAIN Majene Service Team to SMAN 1 Tammerodo in fulfilling the 2020 IASP through the ABCD approach has become the main foundation in building the strengths and potential within the school community. As a result, SMAN 1 Tammerodo is now ready, which can be seen from the school’s understanding of the 2020 IASP. Documents for the last 2 years will be prepared by December 2023, and documents for the last 1 year will be prepared by the completion of 2024.

[UPTD SMAN 1 Tammerodo resmi menjadi sekolah negeri pada tahun 2021 sebagai peralihan dari SMA Swasta PGRI Sendana. Sebelum beralih status, lulusan Sekolah Menengah Pertama dan sederajat di Kecamatan Tammerodo lebih banyak melanjutkan pendidikan ke SMAN 1 Sendana. Hal ini disebabkan mayoritas masyarakat Tammerodo lebih memilih sekolah yang berstatus negeri dibanding swasta. Tim Pengabdi STAIN Majene melaksanakan strategi pendampingan yang inovatif bagi UPTD SMAN 1 Tammerodo untuk memenuhi Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan (IASP) 2020 dengan menerapkan pendekatan ABCD (Asset-Based Community Development). Pendampingan yang dilakukan oleh Tim Pengabdi STAIN Majene terhadap UPTD SMAN 1 Tammerodo menggunakan pendekatan ABCD sebagai kerangka konseptual. Tahapan pertama dimulai dengan wawancara apresiatif, yang bertujuan untuk menggali pengalaman positif serta kekuatan internal sekolah melalui narasi dari warga sekolah. Proses ini dilanjutkan dengan pemetaan aset guna mengidentifikasi potensi yang dimiliki sekolah, baik dalam bentuk sumber daya manusia, sarana prasarana, jejaring kemitraan, maupun modal sosial lainnya. Pada tahap berikutnya, dilakukan tautan dan mobilisasi aset untuk mengintegrasikan potensi-potensi tersebut ke dalam aksi kolektif yang mendukung pemenuhan standar mutu pendidikan. Berdasarkan hasil pemetaan, disusun rencana aksi dan prioritas kegiatan yang berorientasi pada pemenuhan empat komponen dalam instrumen akreditasi IASP 2020, yaitu mutu lulusan, proses pembelajaran, mutu guru, serta manajemen sekolah. Hasil awal menunjukkan bahwa UPTD SMAN 1 Tammerodo belum terakreditasi karena nilai visitasi tidak mencapai skor minimum 71. Oleh karena itu, dilakukan monitoring dan evaluasi secara berkala untuk menilai efektivitas implementasi rencana aksi dan mendorong perbaikan berkelanjutan. Pendekatan ABCD ini terbukti menjadi fondasi strategis dalam menggerakkan partisipasi komunitas sekolah serta memperkuat kapasitas internal. Hasilnya bahwa UPTD SMAN 1 Tammerodo telah memiliki kesiapan, hal ini terlihat dari pihak sekolah yang telah memahami IASP 2020. Dokumen 2 tahun terakhir disiapkan paling lambat sampai Desember 2023. Dokumen 1 tahun terakhir terbaru disiapkan paling lambat sampai penamatan 2024.]

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Saddang, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Muhammad Saddang merupakan Sekretaris Prodi PAI Jurusan Tarbiyah dan Keguruan STAIN Majene. Penulis memiliki kepakaran di bidang Pendidikan Agama Islam. Penulis menyelesaikan Sarjana Matematika (S.Si) di Jurusan Matematika Universitas Negeri Makassar Tahun 2015. Penulis kemudian menyelesaikan Magister pada jurusan Pendidikan Agama Islam (M.Pd.) UIN Alauddin Makassar Tahun 2018. Penulis juga menjalankan tugas sebagai Assessor BAN-PDM Provinsi Sulawesi Barat (2021-Sekarang) dan pernah menjadi fasilitator Literasi Numerasi pada Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia.

Muhammad Idris Hasanuddin, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Muhammad Idris Hasanuddin merupakan Ketua Prodi PGMI, Jurusan Tarbiyah dan Keguruan STAIN Majene. Penulis memiliki kepakaran di bidang Ilmu Pendidikan. Penulis menyelesaikan Sarjana Pendidikan Islam (S.Pd.I) di Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di UIN Alauddin Makassar (2002-2006), kemudian melanjutkan pendidikan Magister Pendidikan Islam (M.Pd.I) di Konsentrasi Pendidikan dan Keguruan UIN Alauddin Makassar (2007-2011). Saat ini penulis sedang menempuh pendidikan doktor Prodi Pendidikan dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Penulis pernah menjadi fasilitator daerah USAID Prioritas kerjasama dengan Kementerian Pendidikan Nasional dan Kementerian Agama untuk peningkatan akses pendidikan dasar berkualitas di Indonesia (2013-2017). Saat ini penulis juga menjalankan tugas sebagai assessor BAN-PDM Provinsi Sulawesi Barat (2021-Sekarang).

Kamus, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Kamus merupakan dosen di Jurusan tarbiyah dan Keguruan, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene, Penulis memiliki kepakaran di bidang Manajemen Pendidikan Islam, Administrasi dan Supervisi Pendidikan, Strategi Pembelajaran, Hadis, Bahasa Arab dan Metodologi Penelitian. Penulis juga merupakan Anggota/ Pengurus Badan Akreditasi Nasional Sekolah Madrasah (BAN-S/M) periode 2022-2023, kemudian lanjut sebagaai Anggota/ Pengurus Badan Akreditasi Nasional Pendidikan PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (BAN-PDM) periode 2024 hingga sekarang), Penulis juga sementara lanjut studi doktor Prodi Pendidikan dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Editor in Chief pada Jurnal Al Muallaqat.

Saadal Jannah, Sekolah Tinggi Ilmu Islam dan Bahasa Arab Makassar

Saadal Jannah merupakan dosen di Jurusan Syariah, Program Studi Hukum Ekonomi Syariah, Institut Agama Islam STIBA Makassar, beliau memiliki kepakaran di bidang Hukum Ekonomi Syariah, Fiqih Perbandingan Mazhab, dan Bahasa Arab.

Yahya Komarudin, STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau

Yahya Komarudin adalah Dosen Pendidikan Agama Islam di STAIN Abdurrahman, Kepulauan Riau. Perjalanan akademisnya diawali dengan meraih gelar sarjana (S-1) dari STIBA Makassar dan STAI DDI Makassar. Kemudian, ia melanjutkan pendidikan magisternya di UIN Alauddin Makassar. Saat ini, penulis sedang menempuh pendidikan Doktor di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Minat akademisnya berfokus pada pendidikan agama Islam.

Umri, MIS Darussalam Sengkae

Umri merupakan guru pada MIS Darussalam Sengkae, Kab. Polewali Mandar. Penulis memiliki kepakaran di bidang PGSD-PGMI. Penulis menyelesaikan Sarjana PGSD (S.Pd) di Universitas Muhammadiyah Makassar Tahun 2014. Penulis kemudian menyelesaikan Magister pada jurusan PGMI (M.Pd.) di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta Tahun 2024. Penulis juga menjalankan tugas sebagai dosen pada Prodi PGMI STAIN Majene dan pernah menjadi fasilitator pada Literasi Sains pada Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia.

Rahmat Kurniawan, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Rahmat Kurniawan merupakan mahasiswa Jurusan Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene (STAIN) angkatan 2021 hingga sekarang. Sekretaris Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Olahraga.

Nurul Hazirah Hamzah, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Nurul Hazirah Hamzah merupakan mahasiswi Pascasarjana Program Studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene (STAIN) angkatan 2025 hingga sekarang.

Muhammad Gufran, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Muhammad Gufran merupakan Mahasiswa program (S1) Jurusan Tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri Majene (STAIN).

Yuni Purnama Sari, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene

Yuni Purnama Sari merupakan mahasiswi Jurusan tarbiyah dan Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Majene (STAIN) angkatan 2021 hingga sekarang.

References

Abdul Malik dkk. (2020). Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 Jenjang Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (1st ed.). Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Alhamuddin, Aziz, H., Inten, N., Dinar, Mulyani, & Dewi. (2020). Pemberdayaan Berbasis Asset Based Community Development (ABCD) untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Madrasah di Era Industri 4.0. International Journal of Community Service Learning, 4(4): 21–331. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/ijcsl.v4i4

Ar Rakhman, A., & Awaluddin. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan Indonesia. Jurnal SAP, 2(1), https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156

Azizah, S., Rahmawati, F., Febrianingrum, L., Rabi’ah, & Sufyan, A. F. M. (2024). Enhancing students’ English short story writing skills containing religious moderation values: A mentorship program. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 6(1), 53–63. https://doi.org/10.19105/pjce.v6i1.15198

Abdullah, A. F. A., Thoha, M., Mukhid, A., Mubah, H. Q., Tianah, I., Ratnawati, R., … Kowi, A. (2024). Penguatan nilai-nilai profetik pada peserta didik di Madrasah Manbaul Uloom Malaysia. PERDIKAN (Journal of Community Engagement), 6(2), 115–127. https://doi.org/10.19105/pjce.v6i2.17582

BAN S/M Sulawesi Barat. (2019). 754. SK PENETAPAN SULAWESI BARAT TAHAP 1 TAHUN 2019 OK.pdf. 2019.

BAN-S/M. (2022). SK Anggota BAN SM Provinsi Sulbar 2022-2025.

Data Pokok SMAN 1 Majene. (n.d.). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Data Pokok UPTD SMAN 1 Tammerodo. (2024). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Iskamto, D., Liyas, N. J., Gultom, E., Ansori, B. P., Harwina, Y., & Hendra, T. (2022). Pelaksanaan Proses Akreditasi Sekolah untuk Menjaga Kualitas Pendidikan Sekolah/Madrasah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(2), 46–51. https://doi.org/https://doi.org/10.54099/jpma.v1i2.132

Enung, H. (2021). Best Practice Penjaminan Mutu Lulusan Berbasis IASP 2020 di Sekolah Menengah Kejuruan. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 4(2), 178–186. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um027v4i12021p178

Fauzi, A., Lubab, A., & Khoirul Abidin, U. (2024). Menyiapkan akreditasi Program Studi APS 4.0 dengan pendekatan Asset Based Community Development (ABCD). BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 86–90. https://doi.org/10.31949/jb.v5i1. 7036

Fitriawan, F., Rohmatulloh, D. M., Asfahani, & Ulfa, R. A. (2020). Pemberdayaan Ekonomi Pemuda Melalui Budidaya Jamur Tiram di Dusun Sidowayah, Kecamatan Jambon, Kabupaten Ponorogo. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(1), 47–58. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/amalee.v1i01.187

Hak dan Kewajiban Warga Negara, Orang Tua, Masyarakat, Pemerintah. (n.d.).

Kamus; et al. (2024). The influence of Management and Teacher Quality on Madrasah Performance Based on Accreditation Instrument for Education Unit ( IASP ) 2020 in West Sulawesi. 6(3). https://doi.org/10.37680/scaffolding.v6i3.7003

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2024). Data Sekolah UPTD SMAN 3 Majene. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/snpmb/site/sekolah?npsn=40602586

Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (2024). Data Sekolah UPTD SMAN 1 Pamboang. https://dapo.dikdasmen.go.id/sekolah/4F6C64CF36F4E8331A0F.

Kementrian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi. (2024). Data Sekolah UPTD SMAN 1 Malunda. https://referensi.data.kemdikbud.go.id/snpmb/site/sekolah?npsn=40601488.

Kemendikbud. (2020). Rencana Strategis Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan 2020-2024. https://dikti.kemdikbud.go.id/

Kepres Indonesia. (2003). Sistem Pendidikan Nasional. In Lembaran Negara Republik Indonesia. https://doi.org/10.24967/ekombis.v2i1.48

Malik, A., Nyoto, A., Arismunandar, Susetyo, B., & Anjaya, C. (2021). Pedoman Akreditasi Sekolah/Madrasah 2021. In Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.

Saddang, M., Bani, S., S. Fathani, H., Usri, Kamus, Hasanuddin, M. I., & Hamzah, N. H. (2022). Pelatihan Instrumen Akreditasi Satuan Pendidikan 2020 pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Majene: IASP 2020. Malaqbiq, 1(2), 51–58. https://doi.org/https://doi.org/10.46870/jam.v1i2.328.

Nur Fiqri Adham, M., Susetyo, B., Sadik, K., & Wibowo, S. (2021). Identifikasi Faktor-faktor yang Memengaruhi Hasil Akreditasi SMA di Indonesia Berdasarkan Data ARKAS. Journal of Statistics, 10(3). https://doi.org/10.29244/xplore.v10i3.837.

Oebaidillah, S. (2019). Tahun depan, BAN SM rekomendasi 114 sekolah ditutup. https://mediaindonesia.com/humaniora/278589/tahun-depan-ban-sm-rekomendasi-114-sekolah-ditutup

Sekolah/Madrasah, B. A. N. (2019). Penetapan Hasil dan Rekomendasi Akreditasi Sekolah/Madrasah Provinsi Sulawesi Barat Tahap 1.

Toharuddin, T. (2022). Reformasi Pendidikan, Akreditasi, Sistem Pendataan dan Alternatif Kebijakan Pendidikan Nasional. KBM Indonesia.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

UPTD SMA Negeri 1 Tammeroddo. (2021). UPTD SMA NEGERI 1 Tammeroddo. Zekolah. https://data-sekolah.zekolah.id/sekolah/uptd-sma-negeri-1-tammerodo-271521.

Published
2025-06-05
Section
Articles