Hubungan Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Terhadap Kemampuan Kognitif Anak

  • Sajjadah Arianti Universitas Tadulako
  • Andi Agusniatih Universitas Tadulako
  • Jane M Monepa Universitas Tadulako
  • Shofiyanti Nur Zuama Universitas Tadulako
Abstract views: 96 , PDF downloads: 73
Keywords: keterlibatan orang tua, pendidikan anak usia dini

Abstract

Perkembangan kognitif anak usia dini merupakan fondasi penting dalam pembentukan kemampuan berpikir, pemecahan masalah, dan kesiapan belajar di jenjang selanjutnya. Meskipun peran ibu sering menjadi pusat perhatian dalam pengasuhan, keterlibatan ayah justru sering terabaikan. Padahal, studi terdahulu menunjukkan bahwa partisipasi ayah memiliki pengaruh signifikan terhadap aspek kognitif, emosional, dan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan kemampuan kognitif anak di Kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan teknik purposive sampling, melibatkan 20 anak usia 5–6 tahun sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui observasi perkembangan kognitif, angket kepada ayah, serta wawancara dengan guru. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara keterlibatan ayah dan kemampuan kognitif anak (r = 0,833; p = 0,000). Aspek keterlibatan ayah yang mencakup kedekatan emosional, pengawasan, kesabaran, dan aktivitas spiritual terbukti mendukung perkembangan kemampuan anak dalam menyusun huruf, mencocokkan bilangan, dan mengklasifikasi warna. Temuan ini menegaskan pentingnya keterlibatan ayah dalam pengasuhan sebagai faktor strategis dalam mengoptimalkan perkembangan kognitif anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

(Ed.), R. M. Lerner, Overton, W. F. (2020). Relational developmental systems: A paradigm for developmental science in the post-Cartesian era. Wiley.
Aritonang, S. D., Hastuti, D., & Puspitawati, H. (2020). PENGASUHAN IBU, KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN, DAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 2-3 TAHUN DI WILAYAH PREVALENSI STUNTING. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(1). https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.38
Arsyia Fajarrini, & Umam, A. N. (2023). DAMPAK FATHERLESS TERHADAP KARAKTER ANAK DALAM PANDANGAN ISLAM. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.32665/abata.v3i1.1425
Cabrera, N. J., Volling, B. L., & Barr, R. (2021). Fathers are parents, too! Widening the lens on parenting for children’s development. Child Development Perspectives, 15(2), 97–102. https://doi.org/10.1111/cdep.12391
Grolnick, W. S., & Farkas, C. (2021). Parenting and the development of self-regulation in children (Bornstein,). Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780429443930
J., T.-L. C. S. . B. L. . & C. N. (2020). Fathers and children’s learning (6th ed., p). John Wiley & Sons.
Nafisah, A. D., Pranoto, Y. K. S., & Nuzulia, S. (2022). Studi Literatur: Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini ditinjau dari Keterlibatan Ayah. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2022.
Nair, S., Chandramohan, S., Sundaravathanam, N., Rajasekaran, A. B., & Sekhar, R. (2020). Father Involvement in Early Childhood Care: Insights From a MEL System in a Behavior Change Intervention Among Rural Indian Parents. Frontiers in Public Health, 8(September), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpubh.2020.00516
Nursyahbani, C., Arbarini, M., & Pranoto, Y. K. S. (2023). Efikasi Diri Ayah dalam Keterlibatan Pengasuhan Anak Usia Dini Ditinjau dari Value of Children. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 5045–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5121
Parmanti, P., & Purnamasari, S. E. (2015). Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 17(2).
Putra, M. R. (2014). Pengasuhan Anak Usia 5-6 Tahun di Kampung Tapak Lebar Sumatra Selatan 2014.
Putri Herlina Aryanti, Eka Oktavianto, Suryati. (2019). Hubungan Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Dengan Kelekatan Anak Usia Prasekolah. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, 12(2), 83–94. https://doi.org/10.36746/jka.v12i2.45
Runions, K. C., Keown, L. J., & Giallo, R. (2022). Fathers’ parenting and children’s self-regulation: A review of theoretical and empirical links. Infant and Child Development, 31(3), E2302. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/icd.2302
Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385
Syafiqoh, I., & Pranoto, Y. K. S. (2022). Peran keterlibatan ayah terhadap perkembangan anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional, 518–523. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/1521
Wahyuni, A., Depalina, S., Wahyuningsih, R., Tinggi, S., Islam, A., & Mandailing, N. (2021). Peran Ayah (Fathering) Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 55–66.
Widianto, E. (2014). Transformative Learning Pengasuhan Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(2), 156–163.
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Negeri Yogyakarta 1. Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(2), 95–106.
Yogman, M., & Garfield, C. F. (n.d.). Father involvement and child development: Evidence and policy implications. Pediatrics, 149(2), E2021053930. https://doi.org/https://doi.org/10.1542/peds.2021-053930
Published
2025-08-25
Section
Articles