Hubungan Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Terhadap Kemampuan Kognitif Anak


Abstract
Perkembangan kognitif anak usia dini merupakan fondasi penting dalam pembentukan kemampuan berpikir, pemecahan masalah, dan kesiapan belajar di jenjang selanjutnya. Meskipun peran ibu sering menjadi pusat perhatian dalam pengasuhan, keterlibatan ayah justru sering terabaikan. Padahal, studi terdahulu menunjukkan bahwa partisipasi ayah memiliki pengaruh signifikan terhadap aspek kognitif, emosional, dan sosial anak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan kemampuan kognitif anak di Kelompok B TK Negeri Pembina Melati Tondo. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan teknik purposive sampling, melibatkan 20 anak usia 5–6 tahun sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui observasi perkembangan kognitif, angket kepada ayah, serta wawancara dengan guru. Hasil uji korelasi Pearson menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat dan signifikan antara keterlibatan ayah dan kemampuan kognitif anak (r = 0,833; p = 0,000). Aspek keterlibatan ayah yang mencakup kedekatan emosional, pengawasan, kesabaran, dan aktivitas spiritual terbukti mendukung perkembangan kemampuan anak dalam menyusun huruf, mencocokkan bilangan, dan mengklasifikasi warna. Temuan ini menegaskan pentingnya keterlibatan ayah dalam pengasuhan sebagai faktor strategis dalam mengoptimalkan perkembangan kognitif anak usia dini.
Downloads
References
Aritonang, S. D., Hastuti, D., & Puspitawati, H. (2020). PENGASUHAN IBU, KETERLIBATAN AYAH DALAM PENGASUHAN, DAN PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 2-3 TAHUN DI WILAYAH PREVALENSI STUNTING. Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen, 13(1). https://doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.38
Arsyia Fajarrini, & Umam, A. N. (2023). DAMPAK FATHERLESS TERHADAP KARAKTER ANAK DALAM PANDANGAN ISLAM. Abata : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1). https://doi.org/10.32665/abata.v3i1.1425
Cabrera, N. J., Volling, B. L., & Barr, R. (2021). Fathers are parents, too! Widening the lens on parenting for children’s development. Child Development Perspectives, 15(2), 97–102. https://doi.org/10.1111/cdep.12391
Grolnick, W. S., & Farkas, C. (2021). Parenting and the development of self-regulation in children (Bornstein,). Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780429443930
J., T.-L. C. S. . B. L. . & C. N. (2020). Fathers and children’s learning (6th ed., p). John Wiley & Sons.
Nafisah, A. D., Pranoto, Y. K. S., & Nuzulia, S. (2022). Studi Literatur: Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini ditinjau dari Keterlibatan Ayah. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 2022.
Nair, S., Chandramohan, S., Sundaravathanam, N., Rajasekaran, A. B., & Sekhar, R. (2020). Father Involvement in Early Childhood Care: Insights From a MEL System in a Behavior Change Intervention Among Rural Indian Parents. Frontiers in Public Health, 8(September), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpubh.2020.00516
Nursyahbani, C., Arbarini, M., & Pranoto, Y. K. S. (2023). Efikasi Diri Ayah dalam Keterlibatan Pengasuhan Anak Usia Dini Ditinjau dari Value of Children. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 5045–5051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.5121
Parmanti, P., & Purnamasari, S. E. (2015). Peran Ayah Dalam Pengasuhan Anak. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 17(2).
Putra, M. R. (2014). Pengasuhan Anak Usia 5-6 Tahun di Kampung Tapak Lebar Sumatra Selatan 2014.
Putri Herlina Aryanti, Eka Oktavianto, Suryati. (2019). Hubungan Keterlibatan Ayah Dalam Pengasuhan Dengan Kelekatan Anak Usia Prasekolah. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, 12(2), 83–94. https://doi.org/10.36746/jka.v12i2.45
Runions, K. C., Keown, L. J., & Giallo, R. (2022). Fathers’ parenting and children’s self-regulation: A review of theoretical and empirical links. Infant and Child Development, 31(3), E2302. https://doi.org/https://doi.org/10.1002/icd.2302
Sulaiman, U., Ardianti, N., & Selviana, S. (2019). Tingkat Pencapaian Pada Aspek Perkembangan Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berdasarkan Strandar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. NANAEKE: Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 52. https://doi.org/10.24252/nananeke.v2i1.9385
Syafiqoh, I., & Pranoto, Y. K. S. (2022). Peran keterlibatan ayah terhadap perkembangan anak usia dini. Prosiding Seminar Nasional, 518–523. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/1521
Wahyuni, A., Depalina, S., Wahyuningsih, R., Tinggi, S., Islam, A., & Mandailing, N. (2021). Peran Ayah (Fathering) Dalam Pengasuhan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 55–66.
Widianto, E. (2014). Transformative Learning Pengasuhan Anak Usia Dini di Lingkungan Keluarga. Jurnal Pendidikan Humaniora, 2(2), 156–163.
Wijayanti, R. M., & Fauziah, P. Y. (2020). Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Negeri Yogyakarta 1. Jurnal Ilmiah PTK PNF, 15(2), 95–106.
Yogman, M., & Garfield, C. F. (n.d.). Father involvement and child development: Evidence and policy implications. Pediatrics, 149(2), E2021053930. https://doi.org/https://doi.org/10.1542/peds.2021-053930
Copyright (c) 2025 Sajjadah Arianti, Andi Agusniatih, Jane M Monepa, Shofiyanti Nur Zuama

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).