Analisis Dimensi Beban Kerja Guru PAUD di Kota Pangkalpinang: Tantangan dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Anak Usia Dini


Abstract
Beban kerja guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan isu penting dalam proses pendidikan karena tingginya tuntutan tugas yang harus di penuhi berpotensi mempengaruhi kualitas pembelajaran dan kesejahteraan guru, terutama jika tidak diimbangi dengan dukungan yang memadai. Kondisi ini semakin relevan di wilayah dengan karakteristik sosial-geografis yang khas, seperti Kota Pangkalpinang, di mana penelitian terdahulu belum banyak memetakan beban kerja berdasarkan dimensi kuantitatif yang spesifik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat beban kerja guru PAUD melalui empat indikator utama, yaitu tugas pokok, tugas tambahan, waktu yang tersedia, dan target yang harus dicapai, untuk mengetahui sejauh mana kondisi tersebut mempengaruhi kinerja dan kesejahteraan guru. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik total sampling terhadap 52 guru PAUD di Kecamatan Bukit Intan, Kota Pangkalpinang. Data dikumpulkan menggunakan angket yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, kemudian dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beban kerja guru PAUD berada pada kategori tinggi (76%–100%) untuk indikator tugas pokok (95,4%) dan target yang harus dicapai (78,3%), sedangkan indikator tugas tambahan (72,8%) dan waktu yang tersedia (70,4%) berada pada kategori cukup tinggi (56%–75%). Temuan ini mengindikasikan komitmen tinggi guru dalam menjalankan peran utama, meskipun masih menghadapi tekanan dari tugas tambahan dan keterbatasan waktu. Penelitian ini menegaskan pentingnya distribusi tugas yang proporsional serta dukungan kelembagaan untuk mencegah penurunan kualitas pembelajaran dan menjaga kesejahteraan guru.
Downloads
References
Banal, C. L., & Ortega-Dela Cruz, R. A. (2022). Teachers’ resilience in facing workload adversities in times of pandemic: the case of the private school teachers in a developing country. Indonesian Journal of Social Sciences, 14(1), 36–51. https://doi.org/10.20473/ijss.v14i1.35946
Dewberry, C., & Briner, R. (2007). Staff wellbeing is the key to school success. 1–4. www.worklifesupport.com
Dina, R., Wardhani, K., Sultan, U., Tirtayasa, A., & -Banten, S. (2022). Dasar pendidikan anak usia dini menuju pendidikan sekolah dasar. Journal of Early Childhood Education (JECE), 4(2), 89–99. https://doi.org/10.15408/jece.v4i2.31039
Fitria, A. S., & Limgiani, L. (2024). Pengaruh beban kerja dan disiplin kerja terhadap kinerja guru. Journal of Student Research, 2(4), 141–155. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i4.3163
Jalil, A. (2019). Pengaruh beban kerja, stres kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru madrasah aliyah negeri 2 kota palu. Jurnal Ilmu Perbankan Dan Keuangan Islam, 1(2), 117–134.
Kemendikbud. (2018). Pemenuhan beban kerja guru. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Koesomowidjojo, S. R. (2017). Panduan praktis menyusun analisis beban kerja. Raih Asa Sukses.
Lahay, R., Syamsiah, & Sukrianto. (2024). Analisis beban kerja tenaga pendidik dan tenaga kependidikan di smp negeri 4 satu atap Paguyaman. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Bisnis (JIMB, 12(2), 70–77.
Latifah, A., Warisno, A., & Hidayah, N. (2021). Kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan mutu lulusan di ma nurul islam jati agung. Jurnal Mubtadiin, 7(2), 71–81. https://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin
Lestari, K., Harun, H., & Fauziah, P. (2021). Strategi taman kanak-kanak dalam mengoptimalkan pembelajaran masa pandemi di kecamatan nanga pinoh. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1951–1959. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1014
Lili, C., Suci, R. P., & Mas Nasharuddin. (2024). Analisis pengaruh kompetensi, beban kerja terhadap kinerja guru dengan mediasi kompensasi. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(12), 1585–1602.
Ma’wa, J., Novitawati, & Noorhapizah. (2024). Pengaruh self-eficacy guru, beban kerja, dan stres kerja terhadap profesionalitas guru tk di kecamatan bati-bati kabupaten tanah laut. Journal of Education Research, 5(2), 2138–2149.
M. S.Subana. (2011). Dasar - dasar penelitian ilmiah. Pustaka Setia.
Mukhtar, A., & MD, L. (2021). Pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru dan prestasi belajar siswa di kota makassar. JURNAL IDAARAH, IV(1), 1–15.
Munawir, Fitrianti, Y., & Anisa, E. N. (2022). Kinerja guru profesional sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru (JPG), 3(1), 8–14.
Nabila, V. S., & Syarvina, W. (2022). Analisis pengaruh beban kerja terhadap kinerja karyawan. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 2788–2797.
Nugraheni, A. R., Utami, H. N., & Prasetya, A. (2022). Beban kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja tenaga pendidik dengan motivasi sebagai variabel intervening. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 8(4), 1304–1318. https://doi.org/10.29210/020221994
Nurdin, N. (2021). Guru honorer dalam upaya memperoleh status kepegawaian tenaga pendidik pegawai negeri sipil. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10–19. https://doi.org/10.37985/murhum.v2i2.46
Nuria, R., & Aprilianti, R. (2023). Problematika beban kerja guru honorer di taman kanak-kanak. Jurnal Edukasi Sebelas April (JESA), 7(02), 135–145. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/jesa
Pang, E., & Hung, H. (2012). Learning effectiveness and satisfaction in study groups: a consideration of the moderating factors. EDUCARE: International Journal for Educational Studies, 5(1), 79–94. https://doi.org/https://doi.org/10.2121/edu-ijes.v5i1.267.g266
Putri, B. A. M., & Oktaviani, L. (2023). Pengaruh beban kerja dan stres kerja terhadap kinerja karyawan di kantor pelayanan perbendaharaan sukabumi. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan Manajemen, 5(2), 74–87.
Putri, E. V. (2019). The correlation between physical workload and the increase in workers’ pulse rate. The Indonesian Journal of Occupational Safety and Health (IJOSH), 8(2), 206–214. https://doi.org/10.20473/ijosh.v8i2.2019
Renny, C. A. (2021). Management stress kerja guru sd terhadap beban kerja pada masa pandemi covid-19. 3(3), 219–226. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia
Sanaba, H. F., Andriyan, Y., & Munzir, M. (2022). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan: kompensasi, motivasi Kerja, lingkungan kerja. FAIR : Financial & Accounting Indonesian Research, 2(2), 83–96.
Sulistiani, I., & Nursiwi Nugraheni. (2023). Makna guru sebagai peranan penting dalam dunia pendidikan. Jurnal Citra Pendidikan, 3(4), 1261–1268. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2222
Sulistiarini. Emma, B., & Ruwana, I. (2020). Kognitif ergonomi dan beban kerja (1st ed.). STRADA Press.
Suwatno, & Priansa, D. J. (2018). Manajemen SDM dalam organisasi publik dan bisnis. (6th ed.). Alfabeta.
Utaminingsih, S., Anwar, S., & Rachmawaty, S. (2024). Pengaruh work life balance terhadap kinerja guru paud: tantangan dan strategi untuk mencapai keseimbangan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1269–1276. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i5.6061
Copyright (c) 2025 Diliya Luth Fiatunnabilah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).