Upaya Meningkatkan Perkembangan Agama dan Moral dalam Kegiatan Solat Dhuha Berjemaah


Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan perkembangan agama dan moral anak usia 5–6 tahun melalui kegiatan salat Dhuha berjemaah dengan pendekatan kreatif di TK Usman Al Farsy. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus pada 22 anak. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif berdasarkan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada aspek kognitif (55% menjadi 82%), afektif (64% menjadi 91%), dan psikomotorik (68% menjadi 77%) setelah pelaksanaan kegiatan salat Dhuha berjemaah secara rutin dan kreatif. Dengan demikian, kegiatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan perkembangan agama dan moral anak usia dini, khususnya pada ketiga aspek tersebut di TK Usman Al Farsy.
Downloads
References
Abriellia, Najwa, Sofa Muthohar, and Mustakimah. 2024. “Meningkatkan Nilai Agama Dan Moral Melalui Pembiasaan Sholat Dhuha.” Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(2): 538–48. doi:10.37985/murhum.v5i2.921.
Aprillia, Stefani, Norlaila, and Bety Vitriana. 2024. “MORAL MELALUI PEMBIASAAN SHALAT DHUHA Menurut National Association for the Education of Young Children ( NAEYC ),.” 2(1).
Ardiana R, and Aslindah A. 2023. “Penerapan Nilai-Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia 5-6 Taman Kanak-Kanak Al Ijtihad Samarinda.” EDUCATIONIST: Journal of Educational and Cultural Studies 2(1): 381–85.
Buahana, Baiq Nada. 2023. “Menanamkan Nilai Agama Dan Moral Dalam Pembiasaan Kegiatan Sholat.” KHIRANI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(4).
Fadlah, Ummi. 2017. “PELAKSANAAN SHALAT FARDHU ANAK DI KELOMPOK B TK.” Jurnal Universitas Sriwijaya.
Kandiri, Kandiri, and Mahmudi Mahmudi. 2018. “Penerapan Shalat Dhuha Dalam Peningkatan Moral Siswa Di Sekolah.” Edupedia 3(1): 13–22. doi:10.35316/edupedia.v3i1.316.
Karima, Nisa Cahaya, Salsabil Hasna Ashilah, Alifia Sekar Kinasih, Putri Haura Taufiq, and Latipah Hasnah. 2022. “Pentingnya Penanaman Nilai Agama Dan Moral Terhadap Anak Usia Dini.” Yinyang: Jurnal Studi Islam Gender dan Anak 17(2): 273–92. doi:10.24090/yinyang.v17i2.6482.
Maghirah, Annisa Al, Andini Suci Rahmah, Anggina Zahra Salsabilla, and Dini Sastra Br. 2025. “Strategi Guru Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Untuk ي ظ ْ ل ٰ ع َْ َّ ن ِ ا و ِ ع َ ق َ َ ل ك.” Alahyan Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin 1: 82–89.
Maulani, Susan, and Shinta Mutiara. 2023. “Transisi PAUD SD : Implementasi Program Pengenalan Sekolah Di Taman Kanak-Kanak.” 9(2): 265–75.
Nauli, Herlina Rejeki, and Hendrika Utami Setyowati. 2025. “Pembiasaan Sholat Dhuha Sebagai Strategi Penguatan Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di RA Miftahul Huda Sukolilo Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun.” Asesmen: Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan 1(1): 214–20.
Nisa, Chairun, Dewi Marina, Siti Nurhalijah, and Rabithah Hanum Hasibuan. 2025. “Upaya Meningkatkan Perkembangan Akhlak Dan Moral Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Shalat Dhuha Berjamaah.” (2): 1–8.
Paujiah, Fitrianor, Rahmat Hamdani, Ana Sulton Mutmainah, Sri Asmanah Subandi, and Akhmad Ramli. 2022. “Pembiasaan Salat Duha Sebagai Implementasi Visi Sikap Religius Anak Di Taman Kanak-Kanak.” Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam 8(2): 183–93. doi:10.26594/dirasat.v8i2.3122.
Pohan, Abdul Hakim, Martin Kustati, and Gusmirawati. 2023. “Pendampingan Praktek Ibadah Sholat Dhuha Di SD IT Bakti 2 Nairatul Jannah Kota Padang.” Al-DYAS 2(3): 880–93. doi:10.58578/aldyas.v2i3.1998.
Ridwanulloh, M. Ubaidillah, and Arifah Dwi Wahyu Wulandari. 2022. “Peran Pendidikan Agama Di Era Modernisasi Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Baik.” SITTAH: Journal of Primary Education 3(1): 28–44. doi:10.30762/sittah.v3i1.53.
Sari, Novita, and Dessi Andriani. 2020. “Pengaruh Sholat Dhuha Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Kelompok B Usia 5-6 Tahun Di Tk Ar-Rahmah Tanjung Atap.” PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 3(2): 166–77. doi:10.31851/pernik.v3i1.4185.
Sari, Shinta Lapi, Mhonalisa Amanda, Melati Safitri, and Aam Ameliyah. 2025. “JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Implementation of Murojaah Learning and Dhuha Prayer on the Development of Religious and Moral Values in Early Childhood Pelaksanaan Pembelajaran Murojaah Dan Sholat Dhuha Terhadap Perkembangan Nilai Agama Dan Moral An.” 5(4): 1022–29.
Selvia, and Dimyati. 2022. “Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembiasaan Shalat Dhuha.” TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam 5(2): 211–22. doi:10.52166/talim.v5i2.3114.
Siskawaty. 2024. “Agama Dan Pembentukan Karakter Generasi Alfa Di Era Postdigital.” Jurnal Teruna Bhakti 6(2): 178. doi:10.47131/jtb.v6i2.201.
Umar, Mardan, Feiby Ismail, and Nizma Syawie. 2021. “Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Moderasi Beragama.” 19(1): 101–11.
Copyright (c) 2025 Dewi Pusparini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).