Stimulasi Keterampilan Sensorik pada Anak Usia Dini Melalui Media 3 Dimensi Diorama Tentang Kisah Nabi Ibrahim AS


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sensorik anak di PAUD Harapan Bangsa melalui penggunaan media diorama tiga dimensi yang menggambarkan kisah Nabi Ibrahim AS. Dalam meningkatkan keterampilan sensorik anak media diorama dipilih karena dapat mengintegrasikan pengalaman visual, kinestetik, dan taktil untuk memberikan stimulasi anak yang ideal. Penelitian ini mempergunakan metode kualitatif yang melibatkan observasi, dokumentasi dan wawancara melalui sejumlah sumber yang relevan. Hasil penelitian mengindikasikan bahwasanya diorama tiga dimensi tidak hanya meningkatkan kemampuan sensorik anak, seperti pengamatan visual dan interaksi fisik, tetapi juga meningkatkan pemahaman mereka tentang nilai-nilai moral dan religius. Selain itu, terbukti bahwa media diorama ini berfungsi dengan baik untuk membuat lingkungan pembelajaran yang menyenangkan, interaktif, serta mempunyai makna. Subjek penelitian adalah anak-anak usia dini yang berada pada lembaga pendidikan anak pada rentang usia 2-4 tahun. Anak-anak melihat, menyentuh, dan mendengar kisah tentang Nabi Ibrahim AS selama proses pelaksanaan. Hasil penelitian mengindikasikan bahwasanya media diorama secara signifikan meningkatkan partisipasi anak dalam pelajaran. Anak-anak tampaknya lebih terlibat dan aktif berinteraksi dengan komponen diorama. Stimulasi sensorik, seperti sentuhan pada objek tiga dimensi, pengamatan warna, dan mendengarkan narasi, juga dapat membantu mereka mengingat lebih baik kisah yang diceritakan. Penelitian ini menemukan bahwa diorama dari kisah Nabi Ibrahim dapat membantu anak-anak meningkatkan keterampilan sensorik mereka sambil memperkenalkan nilai-nilai keagamaan secara kreatif dan menyenangkan. Media ini dapat menjadi inovasi dalam pendidikan anak usia dini, terutama dalam pendidikan berbasis nilai maupun cerita.
Downloads
References
Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28
Anggraeni, D., Hartati, S., & Nurani, Y. (2019). Implementasi Metode Bercerita dan Harga Diri dalam Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 404. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.224
Anindita, D. N., Utami, M. S. S., & Eriany, R. P. (2024). Melatih Konsentrasi Pada Anak TK-B Dengan Brain Gym. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 105–114. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17811
Azizah, A., Ummah, S. S., & Navlia, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris dengan Menggunakan Media Gambar. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 36–50. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2977
Berliani, R., Felisha, M., Antika, R. T., Sisca Ayu Damayanti, Cah yanti, K. S., Isnaini, N., Lestari, A., Lestari, A., Rani, R., Aulia Dewi, A., Andika, W. D., & Ayu Pagarwati, L. D. (2024). Analisis Kemampuan Membaca Anak Usia Dini melalui Berbagai Macam Media. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 918–927. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.413
Fauzia, W. (2023). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Feniks Muda Sejahtera.
Garnika, E. (2020). Membangun Karakter Anak Usia Dini Menggunakan Metode Cerita,Contoh,Biasakan, Dan Apresiasi (CCBA). edu publisher.
Habbak, A. L. Z., & Khodeir, L. (2023). Multi-sensory interactive interior design for enhancing skills in children with autism. Ain Shams Engineering Journal, 14(8), 102039. https://doi.org/10.1016/j.asej.2022.102039
Hasanah, A., & Muryanti, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Diorama terhadap Perkembangan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 1–7. https://doi.org/10.31004/aulad.v2i2.29
Hendarsyah, A. P., & Gustiana, A. D. (2024). Pengaruh Stimulasi Layanan Rumah Anak SIGAP Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak di Kecamatan Koroncong. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 140–150. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17260
Hendrik, M. Y., Tanggur, F. S., & Nahak, R. L. (2021). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Diorama terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran IPS di SD Inpres Sikumana 3 Kota Kupang. Jurnal MahasiswaPendidikan Dasar, 2(2), 115–129.
Isnain, W. N., Lutfhy, P. A., & Munawar, M. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran untuk Mengenalkan Kosakata Etika untuk Anak Usia Dini. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 49–62. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.18164
Iswahyuni, V., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2023). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 2-3 Tahun Melalui Permainan Sensori di Daycare. Jurnal Paud Agapedia, 7(1), 17–24. https://doi.org/10.17509/jpa.v7i1.59924
Khasanah Ismatul, & Prasetyo Agung, R. E. (2011). PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI MEDIA STIMULASI ASPEK PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI. Jurnal Penelitian PAUDIA, 1(1), 59–74.
Maria, I., & Amalia, E. R. (2018). Perkembangan Aspek Sosial-Emosional dan Kegiatan Pembelajaran yang Sesuai untuk Anak Usia 4-6 Tahun.
Martzog, P., & Suggate, S. P. (2022). Screen media are associated with fine motor skill development in preschool children. Early Childhood Research Quarterly, 60, 363–373. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2022.03.010
Meilanie, R. S. M. (2020). Survei Kemampuan Guru dan Orangtua dalam Stimulasi Dini Sensori pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 958–964. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.741
Mulyawan, G., Kurniawati, D. A., & Sari, M. (2024). Pengembangan Buku Bertekstur dalam Menstimulus Motorik Halus Anak. 8(4), 749–756. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i4.6028
Mursid. (2015). Belajar dan Pembelajaran Paud. In Procedia Earth and Planetary Science.
Nurul Annisa, T., Asep Mulyana, & Jazariyah. (2024). Implementasi Media Kegiatan Terapi Bermain Sensorik Untuk Anak-Anak Berkebutuhan Khusus di Desa Surakarta, Kabupaten Cirebon. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 229–238. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.10367
Rahayuningsih, S. S., Soesilo, T. D., & Kurniawan, M. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Dengan Media Kotak Pintar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 11–18. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p11-18
Rompas, C. A., & Wijayanti, T. D. (2023). Pengembangan Media Treasure Sensory Cube Untuk Meningkatkan Pengalaman Bermain Sensori Bagi Anak Usia 3-4 Tahun. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 13(1), 1–11. https://doi.org/10.26877/paudia.v13i1.17050
Roostin, E. (2020). Upaya Meningkatkan Motorik Halus dan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membatik Sederhana. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(2), 66–79. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i2.3481
Rupnidah, R., & Suryana, D. (2022). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Paud Agapedia, 6(1), 49–58. https://doi.org/10.17509/jpa.v6i1.48199
Simaremare, T. P., Sri Indriani Harianja, Felisa Mutia Zahra, Friska Septiardilla, Muhammad Rohimin, & Wahyu Nur Sofyan. (2024). Penerapan Pembelajaran Kreatif dalam Pelaksanaan Pendidikan Nonformal Bagi Anak Usia Dini di Suku Anak Dalam Desa Sekaladi. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 5(1), 1–16. https://doi.org/10.19105/kiddo.v5i1.11351
Siregar, M., Meilanie, S. M., & Purwanto, A. (2020). Pengenalan Ecoliteracy pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 719. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.700
Sober, R. (n.d.). Sensory Play. Early Childhood Australia. https://doi.org/10.12968/eyed.2011.13.8.56c
Wardani, K., & Afandi, N. K. (2023). Implementasi Metode Bercerita Dalam Membentuk Karakter Jujur Pada Anak Usia Dini. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 8(2), 110–122. https://doi.org/10.24903/jw.v8i2.1320
Zaini, H., & Dewi, K. (2017). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 81–96. https://doi.org/10.19109/ra.v1i1.1489
Copyright (c) 2025 Isna Nur Chahyani Chahyani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
-
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons 4.0 International license. The terms of the license are:
Share— copy and redistribute the material in any medium or format
Adapt— remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons License.that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal
2. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
Jurnal Kiddo is licensed under a Creative Commons
n Access).