ENHANCING CRITICAL THINKING THROUGH PROJECT-BASED LEARNING IN FAIRY TALE LESSONS AT MADRASAH IBTIDAIYAH ISLAMIYAH CIWARU

  • Ghina Adzkiyatul Hasna Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Asep Saefurrohman Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
  • Juhji Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten
Abstract views: 40 , PDF downloads: 47
Keywords: Berpikir Kritis, Dongeng, Project-Based Learning, Student-Centered Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh model pembelajaran berbasis proyek (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa kelas 3 dalam pembelajaran dongeng di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Ciwaru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain kelompok nonequivalent. Sebanyak 50 siswa berpartisipasi dalam penelitian ini, dengan 25 ditugaskan ke kelompok eksperimen, yang menerima instruksi berdasarkan model PBL, dan 25 ke kelompok kontrol, yang menerima instruksi berdasarkan teknik tradisional. Keterampilan berpikir kritis siswa dinilai menggunakan instrumen ujian berbasis esai. Data dianalisis menggunakan uji-t sampel independen, yang menghasilkan nilai signifikansi (dua sisi) sebesar 0,025. Hasil ini menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik antara kelompok eksperimen dan kontrol, yang mengarah pada penolakan hipotesis nol (H₀). Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek secara signifikan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran dongeng. Studi ini menyimpulkan bahwa penerapan PBL pada kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah berkontribusi positif terhadap pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Hasil ini mendukung integrasi strategi pembelajaran aktif dan berpusat pada siswa dalam mengembangkan kemampuan kognitif mereka.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apsoh, S., Setiawan, A., & Marsela, M. (2023). The Influence of Project Based Learning Model on Students' Critical Thinking Skills. JUPEIS: Journal of Education and Social Sciences , 2 (3), 174–185. https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol2.Iss3.783
Darma, B. (2021). Research Statistics Using SPSS (Validity Test, Reliability Test, Simple Linear Regression, Multiple Linear Regression, T Test, F Test, R2) . Guepedia.
Indah Lestari, I. (2022). Analysis of Students' Critical Thinking Skills on the Concept of the Reproductive System at the High School Level . Syarif Hidayatullah State Islamic University, Jakarta.
Komalasari, ES (2018). The Influence of Project Based Learning Model on Students' Critical Thinking Skills in Science Learning in Elementary Schools: Quasi-Experimental Research on Grade IV Students of SDN Baleendah District, Bandung Regency . Indonesian University of Education.
Mabruroh, M. (2019). The Influence of Project Based Learning Model in Science Subjects on Critical Thinking Skills of Grade VI Students of Margorejo VI Elementary School, Surabaya. Child Education Journal , 1 (1), 28–35. https://doi.org/10.33086/cej.v1i1.879
Patiño, A., Soledad Ramírez-Montoya, M., & Ibarra-Vazquez, G. (2023). Trends and Research Outcomes of Technology-Based Interventions for Complex Thinking Development in Higher Education: A Review of Scientific Publications. Contemporary Educational Technology , 15 (4), 1–25. https://www.doi.org/10.30935/cedtech/13416
Riadi, E. (2016). Research Statistics (Manual Analysis and IBM SPSS) . Andi.
Roflin, E., Pariyana, & Andriyani Liberty, I. (2022). A Complete Review of Single and Multiple Regression Analysis . NEM Publisher.
Siregar, S. (2013). Parametric Statistics for Quantitative Research . Bumi Aksara.
Sudartik, S., & Budiarso, AS (2023). The influence of the POGIL model on learning outcomes and critical thinking skills of junior high school students. Tarbiyah Wa Ta'lim: Journal of Educational and Learning Research , 10 (2), 121–134. https://www.doi.org/10.21093/twt.v10i2.6412
Windi Rokayana, N., & Efendi, N. (2017). Analysis of Critical Thinking Skills of Junior High School Students in Science Subjects Reviewed from Visual Learning Styles. Science Education Journal , 01 (02), 84–91. https://doi.org/10.21070/sej.v1i2.1215
Wunasari, A., Ode Kaharudin, L., & Nurmayanti, N. (2023). The Effect of Project-Based Learning on Critical Reasoning Skills. Basicedu Journal , 07 (05), 3065.
Published
2025-08-23
Section
Articles