PENGEMBANGAN MODUL AJAR MATEMATIKA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 1 MIS MIFTAHUL ULUM BUNDAH SRESEH SAMPANG


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar matematika yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islam untuk siswa kelas 1 di MIS Miftahul Ulum Bundah Sreseh Sampang. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Tahapan penelitian meliputi analisis kebutuhan, perancangan modul ajar, pengembangan produk, implementasi dalam pembelajaran, dan evaluasi efektivitas dan kepraktisan baha ajar. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, angket respon guru dan siswa, serta hasil belajar siswa, dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan dinilai sangat praktis oleh guru dan siswa, dengan persentase kepraktisan 86,69%. Modul ajar ini juga efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, dengan 83,34% siswa mencapai ketuntasan belajar. Modul ajar ini mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam materi penjumlahan dan pengurangan, serta menggunakan desain yang menarik dengan gambar, yang terbukti meningkatkan pemahaman siswa.
Downloads
References
Abdussakir, & Rosimanidar. (2017). Model Integrasi Matematika dan Al-Quran serta Praktik Pembelajarannya. Repository of Maulana Malik Ibrahim State Islamic University of Malang.
Dewi, S., & Nur Azizah, I. (2024). Eksplorasi Konsep Matematika Pada Metode Jarimatika Al-Qur’an. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 02(01). http://www.journal.com/index.php/dpjpm
Dwi Cahyono, D., Khusnul Hamda, M., & Danik Prahastiwi, E. (2022). Pemikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi Dalam Belajar. Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 37–48. https://doi.org/10.52266/Journal
Faudya Harsyanda, E., Luthviyah, S., Manda, A., Kurnia, B., Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, P., Nusa Putra, U., Sukabumi, K., & Jawa Barat, P. (2024). Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V. JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata Dan Pembelajaran Konseling, 2(2).
Febria Ningsih, Ririn, & Laswadi. (2023). Pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash 8 pada materi lingkaran. EDU RESEARCH, 4(4), 11–20. https://doi.org/10.47827/jer.v4i4.121
Gema Hista Medika. (2019). Pola Matematika Pada Surat Al Ikhlas. FUADUNA: Jurnal Kajian Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 3(2), 125–133. https://doi.org/10.24235/diyaafkar.v5i01.4331
Hardi Suyitno. (2014). Pengenalan Filsafat Matematika. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.
Kiswanto Kenedi, A., Helsa, Y., & Hendri, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Al Quran Di Sekolah Dasar. JURNAL INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 2(1). http://e-journal.unp.ac.id/index.php/jippsd
Kosim, A. (2021). Penggunaan Media Visual Dalam Pembelajaran Muthola’ah Untuk Meningkatkan Ketrampilan Berbicara Santri Kelas VIII SMPIT Kharisma Darussalam. Kalamuna: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 2(2), 26–41. https://doi.org/10.52593/klm.02.2.02
Kusaeri. (2017). Historiografi Matematika. MATEMATIKA.
Laili, A. F. N. (2018). Teori Himpunan dalam Ayat-Ayat Al-Qur’an.
Mardiah, S., Widyastuti, R., Rinaldi, A., Smk, G., Lampung, D., Sumber Bakti, D. S., Rezeki, J., Agung, L., & Selatan, I. (2018). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 119–126. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/desimal/index
Muhammad Fendrik, Dini Fransiska Putri, Putri Hana Pebriana, Geri Syahril Sidik, & Dini Ramdhani. (2022). Analisis Kecenderungan Gaya Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(3).
Nasution, A. F. (2017). Implementasi Konsep Matematika Dalam Al-Qur’an Pada Kurikulum Madrasah. Jurnal EduTech, 3(1).
Nisa, H. U. (2019). PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v5i2.1352
Nurfatimah Sugrah. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 19(2), 121–138.
Pajriah, S., & Budiman, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran DUAL CODING Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas XI di SMA Informatika Ciamis). Jurnal Artefak: History and Education, 4(1). http://endang965.wordpress.
Qotrinnada, S., Fikrina, R., Nuha, N., Maharani, K. N., & Pekalongan, I. (2021). Problematika Penerapan Media Visual dalam Pembelajaran di SD Islam Kutosari. Prosiding SEMAI Seminar Nasional PGMI. http://proceeding.iainpekalongan.ac.id/index.php/semai-491-
Rosikhoh, D., Abdussakir, A., Ali, F., & Mukmin, M. I. (2022). Designing learning trajectory based on Qur’an and Hadith: A case of fractions at Madrasah Ibtidaiyah. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 5(3), 291–298. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v5i3.123
Sabara, E., & Wahrini, R. (2021). Desain Media Visual Pada Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring). SEMINAR NASIONAL HASIL PENELITIAN.
Salafudin. (2015). Pembelajaran Matematika Yang Bermuatan Nilai Islam. JURNAL PENELITIAN, 12(2), 223–243.
Zaenal Riva, Ayuningtyas, N., & Fachrudin Dhany, A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Materi Himpunan Kelas VII. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(2).
Zulfi Idayanti, & Muh. Asharif Suleman. (2024). E-Modul sebagai Bahan Ajar Mandiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 8(1), 127–133. https://doi.org/10.23887/jppp.v8i1.61283
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.