IMPLEMENTASI MEDIA ANIMASI PADA MATERI ILMU TAUHID BAGI SISWA SDN GUGUL 1 PAMEKASAN

  • Fikrur Rosyid Universitas Islam Negeri Madura
  • Halimatus Sa'diyah Universitas Islam Negeri Madura
Abstract views: 43 , pdf downloads: 46
Keywords: Media Animasi, Pemahaman Tauhid, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Abstrak

Banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep tauhid dan implikasinya dalam kehidupan karena metode pengajaran yang kurang menarik serta minimnya penggunaan media pembelajaran inovatif. Penelitian ini ingin membahas tentang implementasi media animasi yang digunakan untuk mengajarkan konsep dasar tauhid di SDN Gugul 1 Pamekasan. Peneliti memilih pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media animasi pada pembelajaran ilmu tauhid cukup menarik perhatian siswa dan membantu siswa memahami konsep ilmu tauhid yang sebelumnya sulit dipahami. Selain itu, siswa jadi lebih antusias dan termotivasi untuk belajar ilmu tauhid. Adapun tantangannya adalah keterbatasan teknologi di sekolah dan waktu yang dibutuhkan guru untuk menyiapkan materi animasi. Peran guru sebagai fasilitator menjadi kunci dalam memaksimalkan penggunaan media animasi di sekolah.

Abstract

Many students have difficulty to understanding the concept of tawhid and its implications in life due to less attractive teaching methods and the lack of use of innovative learning media. This research wants to discuss the implementation of animation media used to teach the basic concept of tawhid at SDN Gugul 1 Pamekasan. The researcher chose a qualitative approach with a case study design. Data was collected through interviews, direct observation, and documentation. The results of the study show that the use of animation media in learning tawhid is enough to attract students' attention and help students understand the concept of tawhid that was previously difficult to understand. In addition, students become more enthusiastic and motivated to learn the science of tawhid. The challenges are the limitations of technology in schools and the time it takes for teachers to prepare animation materials. The role of teachers as facilitators is the key to maximizing the use of animation media in schools.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andrasari, Nurani Ani. 2022. “Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Kinemaster Bagi Guru Sd.” Jurnal Kajian Pendidikan Dasar 7 (1): 36–44.

Deswita, Safira, Febrina Dafit, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, Universitas Islam Riau, and Kota Pekanbaru. 2024. “Penggunaan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V SDN 169 Pekanbaru” 1 (2): 777–95.

Dewi Yuliani, Laela Mauludiyana, Muawanah, Zulfatur Romaniyah, and Dian Rif’iyati. 2024. “Implementasi Video Animasi Untuk Meningkatkan Pemahaman Ski Pada Peserta Didik Di Mi.” Caruban 6 (4): 403–12. https://doi.org/10.33603/03zpkv32.

Madaniyah, Jurnal, Muhammad Khoiruzzadi, and Tiyas Prasetya. 2021. “PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Ditinjau Dari Pemikiran Jean Piaget Dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2” 11:1–14.

Manjillatul Urba, Annisa Ramadhani, Arikah Putri Afriani, and Ade Suryanda. 2024. “Generasi Z: Apa Gaya Belajar Yang Ideal Di Era Serba Digital?” DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 3 (1): 50–56. https://doi.org/10.54259/diajar.v3i1.2265.

Manora, Hecksa, Nevi Laila Khasanah, and Finna Nanda Putri. 2024. “Dampak Penggunaan Teknologi Dalam Manajemen Pembelajaran Pendidikan Islam Anak Usia Dini” 2 (2).

Ngainin, Nurul. 2024. “PENINGKATAN KEMAMPUAN DAYA INGAT SISWA MELALUI PENGEMBANGAN MEDIA 3 DIMENSI MODEL ( MOCK-UP )” 02 (01): 1–7.

Novianti, Liska Rahmi, Taopik Rahman, and Aini Loita. 2022. “Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Berbasis Aplikasi Zepeto Untuk Meningkatkan Daya Ingat Kognitif Anak Usia Dini.” JDPK: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 4 (4): 3748–51.

Pajriah, Sri, and Agus Budiman. 2017. “PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DUAL CODING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH (Studi Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI Di SMA Informatika Ciamis).” Jurnal Artefak 4 (1): 77. https://doi.org/10.25157/ja.v4i1.737.

Sakti, H. G. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Media Kartu Huruf Berbasis Audio Visual untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat. Nuras : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 85–92. https://doi.org/10.36312/nuras.v4i3.287.

Sari, Pusvyta. 2019. “Analisis Terhadap Kerucut Pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Dalam Memilih Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran.” Jurnal Manajemen Pendidikan 1 (1): 42–57.

Setiawan, A Hadi, and Atika Nur Hidayati. 2024. “Pemanfaatan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Teknologi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Perkembangan Tersebut , Banyak Pula Perkembangan Selanjutnya Seperti Metode Penting Dalam Proses Pembelajaran Di Kelas Baik Bagi Peserta Didik Maupun” 1 (1): 15–24.

Sumenep, Stkip Pgri, and Stkip Pgri Sumenep. 2025. “ANALISIS MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI” 2 (1).

Umainingsih, Mita Beti, Alexon, and Nina Kurniah. 2017. “Penerapan Model Pembelajaran Memori Untuk Meningkatkan Daya Ingat Dan Prestasi Belajar Matematika (Studi Pada Siswa Kelas III SD Gugus II Kecamatan Ipuh).” Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan 7 (2): 87–97.

Yulis, Erna, and Ainur Rosyid. 2023. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Media Video Berbasis Powerpoint Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Annur.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6 (4): 794–804.

Zulkarnaen, Rafiq, and Redo Martila Ruli. 2023. “Efektivitas Self-Determination Theory Dalam Perilaku Pemecahan Masalah Matematis Siswa.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 6 (4): 1547–1640. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i4.17962.
Published
2025-08-23
Section
Articles