PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS VI SD N 05 PAGARALAM

  • Muhammad Dhori Institut Agama Islam Pagar Alam
  • Nofa Dwijayanti Nofa Institut Agama Islam Pagar Alam
  • Ade Kurlilah Institut Agama Islam Pagar Alam
  • Gina Utami Gusti Rahayu Institut Agama Islam Pagar Alam
  • Sefti Angriani Institut Agama Islam Pagar Alam
Abstract views: 54 , PDF downloads: 52
Keywords: Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas Siswa, IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa melalui penerapan metode pembelajaran berbasis proyek dalam mata pelajaran IPA di kelas VI E SD Negeri 05 Pagaralam. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan 26 siswa sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa setelah diimplementasikannya model PBL yang melibatkan eksperimen “lilin menyerap air”, sekitar 80% siswa menunjukkan peningkatan dalam partisipasi aktif, semangat, dan kreativitas selama proses pembelajaran. Siswa dapat menjelaskan proses ilmiah dengan cara yang sederhana, seperti pemahaman tentang tekanan udara dan prinsip kapilaritas. Selain itu, pembelajaran ini juga melatih kemampuan berpikir kritis, keterampilan motorik halus, kerjasama, dan kemandirian siswa.Temuan ini menegaskan bahwa penggunaan pembelajaran berbasis proyek terbukti sangat efektif dalam meningkatkan daya kreativitas dan keterlibatan siswa dalam pelajaran IPA. Dengan keterlibatan langsung dalam aktivitas praktis, siswa tidak hanya memahami konsep secara teoritis tetapi juga menghubungkannya dengan kehidupan sehari-hari. Pendekatan ini mendukung pencapaian kompetensi abad ke-21, khususnya dalam hal berpikir kritis dan kolaborasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

’Adiilah, Ima Ishlahul, and Yuyun Dwi Haryanti. 2023. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran IPA.” Papanda Journal of Mathematics and Science Research 2(1):49–56. doi: 10.56916/pjmsr.v2i1.306.

Anggraini, Putri Dewi, and Siti Sri Wulandari. 2020. “Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa.” Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 9(2):292–99. doi: 10.26740/jpap.v9n2.p292-299.

Astriani, Maya Masitha. 2020. “Upaya Mengembangkan Kreativitas Mahasiswa Melalui Pembelajaran Model Project Based Learning.” Jurnal Petik 6(1):36–40. doi: 10.31980/jpetik.v6i1.738.

Cahyo Utomo, Arief, Zaenal Abidin, and Henry Aditya Rigiyanti. 2020. “Keefektifan Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Sikap Ilmiah Pada Mahasiswa PGSD.” Educational Journal of Bhayangkara 1(1):1–12. doi: 10.31599/r9b75s52.

Dr. Ir. Drs. H. Muhammad Arsyad, A.Md, MT, IPM, M. P. Dr. Khaeruddin, S.Pd., and M. P. Elyna Wahyunita, S.Pd. 2023. Fluida Statis Dan Dinamika Berbasis Keterampilan Proses Sains. Cetakan Pe. Bandung: INDONESIA EMAS GROUP.

Febiyanti, Siti, Helmia Tasti Adri, and Syukri Indra. 2024. “Analisis Implementasi Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Keaktifan Belajar IPA Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar Sdn Babakan Madang 05.” 3:9116–25.

Handono, Dwi, Ana Fitrotun Nisa, Yuli Prihatni, and SD Negeri Jetak. 2023. “Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan & Artikel Pendidikan 15(2):2579–4965.

Kartikasari, Galuh. 2016. “PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA: Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Pandantoyo.” Jurnal Dinamika Penelitian 16(1). doi: 10.21274/dinamika.2016.16.1.59-77.

Khalida, Baiq Rohmi, and I. Gede Astawan. 2021. “Penerapan Metode Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru 4(2):182–89. doi: 10.23887/jippg.v4i2.35552.

Mayasari, Annisa, Opan Arifudin, and Eri Juliawati. 2022. “Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran.” Jurnal Tahsinia 3(2):167–75. doi: 10.57171/jt.v3i2.335.

Muhammad Dhori. 2021. “Analisis Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Belajar Mengajar Di SD Negeri 7 Kayuagung.” HEUTAGOGIA: Journal of Islamic Education 1(1):110–24. doi: 10.14421/hjie.2021.11-09.

Nurhayati, Hermin, and Nuni Widiarti , Langlang Handayani. 2020. “Jurnal Basicedu. Jurnal Basicedu,.” Jurnal Basicedu 5(5):3(2), 524–32.

Parihah, Ihah, Tita Rosita, and Yus Alvar Saabighoot. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Dan Kemampuan Berfikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Ihah.” Jurnal Nuansa Akademik 8(1):25–34.

Pgmi, Magister, Fakultas Ilmu Tarbiyah, Dan Keguruan, Uin Sunan, Kalijaga Yogyakarta, Andi Prastowo3 Magister, Pgmi Fakultas, and Ilmu Tarbiyah. 2023. “PERENCANAAN PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS PROJECT BASED LEARNING PADA KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR M. Ferry Irawan1 Zulhijrah2.” 12(3):38–46.

Pipit Muliyah, Dyah Aminatun, Sukma Septian Nasution, Tommy Hastomo, Setiana Sri Wahyuni Sitepu, Tryana. 2020. “済無No Title No Title No Title.” Journal GEEJ 7(2).

Salo, Yulia Ayuningsih. 2017. “Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Kelas Vii Smpn 6 Banda Aceh).” Jurnal Penelitian Pendidikan 16(3):297–304. doi: 10.17509/jpp.v16i3.4825.

Setyawan, Ramadhan Indra, Agus Purwanto, and Nurratri Kurnia Sari. 2019. “Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar.” Jurnal Dikdas Bantara 2(2):81–93. doi: 10.32585/jdb.v2i2.372.

Wulandari, Ade Sintia, I. Nyoman Suardana, and N. L. Pande Latria Devi. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Kreativitas Siswa Smp Pada Pembelajaran Ipa.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI) 2(1):47. doi: 10.23887/jppsi.v2i1.17222.

Yuliati, Yuyu. 2016. “Quasi Eksperiment.” Cakrawala Pendas 2(2):1–16.

Zulkarnaen, Zulkarnaen, Junita Dwi Wardhani, Sri Katoningsih, and Tri Asmawulan. 2023. “Manfaat Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Pendidikan Anak Usia Dini Dan Implementasinya Dalam Kurikulum Merdeka.” Jurnal Bunga Rampai Usia Emas 9(2):394. doi: 10.24114/jbrue.v9i2.52951.
Published
2025-08-23
Section
Articles