PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI ASSEMBLR EDU TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA KELAS IV


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media aplikasi Assemblr Edu terhadap pemahaman konsep matematika kelas IV di SDN 1 Harapan Jaya Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Eksperimen Design (Eksperimen Semu) menggunakan Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas IV. Teknik sampel pada penelitian ini menggunakan Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara, instrumen yang digunakan berupa tes uraian. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji homogenitas dan uji normalitas, setelah dilakuakn uji prasyarat selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test dengan hasil nilai signifikansi 2-tailed 0,001 < 0,05 yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media aplikasi Assemblr Edu terhadap pemahaman konsep matematika kelas IV di SDN 1 Harapan Jaya Bandar Lampung
Downloads
Mubtadi: Jurnal pendidikan ibtidaiyah, adalah jurnal yang tidak berbasis komersial. tetapi memberikan lisensi kepada penulis atas karyanya. naskah penulis yang sudah di muat dapat dibuka oleh siapapun dan dapat diperguanakn oleh siapapun dengan catatan berbagi informasi tanpa dipungut baiaya apapun.