Kesulitan Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA melalui Penulisan Karya Ilmiah


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tantangan yang dihadapi oleh guru dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI MA melalui kegiatan penulisan karya ilmiah. Kemampuan berpikir kritis siswa dianalisis berdasarkan enam indikator dari Facione, namun penelitian ini memfokuskan pada lima indikator utama: interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, dan penjelasan. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan data utama berupa paragraf dari artikel ilmiah yang ditulis oleh siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan berdasarkan kerangka berpikir kritis yang dikembangkan oleh Facione. Lokasi penelitian berada di MA Al-Ittihad Belung, Poncokusumo dengan sumber data meliputi: (1) guru mata pelajaran, (2) tulisan ilmiah siswa, dan (3) siswa kelas XI dengan tingkat kemampuan inferensi yang beragam. Fokus utama dari penelitian ini adalah mengidentifikasi beragam kesulitan yang dihadapi guru dalam membimbing siswa agar mampu berpikir kritis melalui proses penulisan ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa masih mengalami hambatan dalam beberapa aspek berpikir kritis, seperti memahami informasi secara tepat, menganalisis serta mengevaluasi argumen secara logis, dan menarik kesimpulan yang sahih. Penelitian ini memiliki makna penting karena kegiatan menulis artikel ilmiah di tingkat MA menuntut kemampuan berpikir kritis yang sistematis, sementara bimbingan dalam aspek ini belum sepenuhnya diterapkan secara optimal dalam pembelajaran di kelas.
Downloads
References
Albaburrahim, Suyono, S., & Widyartono, D. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri dalam Menulis Kritis melalui Teknologi Literasi Digital. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 15-25.
Anugraheni, I. (2021). Faktor-faktor Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, 9(1), 59–65.
Aulia, V., & Kuzairi, K. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa dalam Menulis Esai. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 350–359.
Cahyani, N. I., & Azizah, U. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Laju Reaksi Kelas XI SMA. Journal of Chemistry Education, 8(3), 320-326.
Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran (edisi ke-4). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
El-Sulukiyyah, A. A., & Mardiningsih, M. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Remaja untuk Meningkatkan Ide Kreatif, Berpikir Kritis dan Inovatif pada Siswa SMAN 1 KOTA PASURUAN. Jurnal Abdi Insani, 10(1), 389–400.
Facione, P. (2016). Critical Thinking: A Statement of Expert Consensus for Purposes of Educational Assessment and Instruction. The Delphi Report.
Khakim, R. R., Dawud, D., & Harsiati, T. (2021). Bahan Ajar Menyusun Karya Ilmiah Mahasiswa Bermedia Web. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Volume, 6(5), 735—746
Khoiroh, I., Andajani, K., & Widyartono, D. (2024). Analisis Kebutuhan dalam Pengembangan Asesmen Diagnostik Literasi Informasi Mahasiswa dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, 10(1), 368-378.
Manurung, A. S., Hasanah, M., Siswanto, W., & Artikel Abstrak, I. (2020). Instrumen Asesmen Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Membaca Teks Eksposisi untuk Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6), 730—736
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE Publications.
Munawaroh, D. A. (2022). Strategi Menemukan Topik Ide Penelitian bagi Siswa di Madrasah. Jurnal Teknologi Pembelajaran (JTeP), 2(1), 27-33.
Normore, G., Leibovitch, Y. M., Brown, D. J., Pearson, S., Mazzolo, C., Ellerton, P. J., & Watt, G. (2024). Investigating the Impact of Critical Thinking Instruction on Writing Performance: A Multilevel Modelling Analysis of Relative Gain Data in the Australian National Assessment Program. Thinking Skills and Creativity, 53, 1-16.
Pitrianti, S., Gasanti. (2020). Analisis Kesulitan Menulis Karya Ilmiah Siswa SMA Terbuka. Literasi: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia serta Pembelajarannya, 4(2), 91-96.
Ramadhanti, A., & Agustini, R. (2021). Analisis Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Inkuiri Terbimbing Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), 385-394.
Rofi’uddin, A. H., Susanto, G., Widyartono, D., Sultan, S., & Muzakki, H. (2022). Pengembangan Pembelajaran Berpikir Kritis-Kreatif Berbasis Blended Learning di SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 5(2), 527–536.
Susilawati, E., Agustinasari, A., Samsudin, A., & Siahaan, P. (2020). Analisis Tingkat Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 11–16.
Taufiqurrahman, F., Martutik, M., Widyartono, D., Santoso, A., Susilowati, N. E., Jayanti, C. T., Suparno, S., & Ibrahim, A. S. (2020). Training and Mentoring of Scientific Writing Based on Corpus Linguistics. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 3(2), 20-28.
Widyartono, D., Dermawan, T., Sulistyorini, D., Anjani, K., & Muzaki, H. (2023). Pendampingan Penulisan Artikel Jurnal Terindeks dengan Zotero untuk Guru SMP Negeri 15 Malang. Wahana Dedikasi: Jurnal PkM Ilmu Kependidikan, 6(1), 75-88.
Xiaolei, S., & Teng, M. F. (2024). Three-wave cross-lagged model on the correlations between critical thinking skills, self-directed learning competency and AI-assisted writing. Thinking Skills and Creativity, 52, 1-13.
Copyright (c) 2025 GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia uses an Open Access Policy under the Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Authors publishing in this journal agree to the following terms:
- Ghancaran Journal holds the copyright and grants the journal rights for first publication with the work simultaneously licensed under a
The work is distributed under Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License which allows others to share, copy, and redistribute the material in any media or format and adapt, remix, change, and develop the material even for commercial purposes, as long as it is stated credit and license derivative works under similar terms. - Authors may make additional contractual arrangements for non-exclusive distribution of the journal's published work version.
- Authors are permitted to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their websites) before and during submission, as doing so may lead to productive exchange.