The Use of Maxims (al-Qawāʿid al-Uṣūliyyah wa al-Fiqhiyyah) in Legal Argumentation of Sharia Economic Court Decisions in Indonesia
Abstrak views: 1155
,
PDF (English) downloads: 787
Abstrak
Putusan ekonomi syariah di Indonesia harus memuat prinsip-prinsip syariah yang dijadikan dasar untuk mengadili, dan hakim ekonomi syariah harus mampu memahami norma-norma hukum ekonomi syariah. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana kaidah usul dan kaidah fikih (kaidah-kaidah) sebagai bagian dari norma-norma hukum ekonomi syariah atau prinsip syariah digunakan oleh hakim sebagai argumentasi hukum dalam putusan ekonomi syariah di Indonesia. Metode: Kami mengambil 384 putusan dengan klasifikasi ekonomi syariah periode 20 April 2016 (teregistrasi) - 20 April 2020 (unggahan terakhir) di laman Mahkamah Agung RI sebagai semesta kasus. Putusan yang memuat kaidah usul dan atau kaidah fikih dalam pertimbangan hukum menjadi sampel kasus relevan untuk dianalisis bagaimana kaidah-kaidah tersebut digunakan sebagai argumentasi hukum oleh hakim untuk menjawab petitum dan atau eksepsi. Hasil: Ditemukan 15 kaidah dari 28 argumentasi hukum dalam 14 putusan (3,65% dari semesta kasus). Umumnya penggunaan kaidah-kaidah tersebut sebagai argumentasi hukum oleh hakim telah sesuai dengan sesuai kelaziman peruntukkan, dengan sejumlah catatan terkait penemuan hukum khas perkara ekonomi syariah. Kesimpulan: Sebagai argumentasi hukum, kaidah usul dan kaidah fikih telah diambil oleh hakim dari sumber hukum tidak tertulis dan terindikasi sebagai hasil penemuan hukum prinsip syariah menggunakan ilhâq sebagai bagian dari ijtihād tathbiqi dalam menemukan hukum taklîfî pada perkara ekonomi syariah. Terdapat bukti kaidah usul dan kaidah fikih dapat bercampur baur atau tertukar dalam penggunaannya, juga bukti kaidah yang sama digunakan sebagai argumentasi hukum terhadap jenis perkara yang tidak jauh berbeda pada beberapa kesempatan oleh hakim yang sama
##plugins.generic.usageStats.downloads##
Referensi
Ahmad, Abu Umar Faruq, Noor Mohammad Osmani, A.K.M. Shahed, and Mohd. Fazlul Karim. “Shari’ah Maxims and Their Implication on Modern Financial Transactions.” Journal of Islamic Economics, Banking, and Finance 6 (3) (2010): 75–104.
As-Safi, Abdul Baki. Islamic Jurisprudential Maxims 114 Maxims Expounded and Rendered Into English. Amman, Jordan: Amwaj for publication and distribution, 2012. https://www.uop.edu.jo/download/Research/members/424_2062_A.B..pdf.
Baude, William, Adam S Chilton, and Anup Malani. “Making Doctrinal Work More Rigorous: Lessons from Systematic Reviews.” The University of Chicago Law 84 (1) (2017).
Būrnū., Muḥammad Ṣidqī al-. Al-Wajīz Fī Īdhāḥ Qawā’id Al-Fiqh Al-Kuliyyah. Beirut: Muassasah al-Risālah, 1996. https://shamela.ws/book/8379.
Dahlia Farida, Hamid Sarong, Darmawan, Fitriah M Suud. “Legal Protection for Disputing Parties through the Aceh Customary Court.” Al-Ihkam: Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Vol. 15, N (2020). https://doi.org/https://doi.org/10.19105/al-lhkam.v15i1.2250.
Djazuli, H.A. Kaidah-Kaidah Fikih. Jakarta: Kencana, 2006.
Feteris, Eveline T. “Fundamentals of Legal Argumentation.” Springer 2nd ed. Vo (2017). https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-94-024-1129-4.
Ghani, Hafiz Abdul. “A Study of The History of Legal Maxis of Islamic Law.” International Journal of Arts and Commerce 1 (2): 98 (2012).
Hasanzzaman. The Economic Relevance Of The Sharia Maxims (Al Qawaid Al Fiqhiyah). Jeddah: Scientific Publishing Centre, King Abdulaziz University., 1997.
Ibnu Majah, Muhammad Bin Yazid Al-Quzwini. Sunan Ibnu Majah. T: Abdul Baqi: Daar Ihya’ al-Kutub al-arabiyyah, n.d.
Ibrāhīm ibn Mūsā Abū Isḥāq al- Shāṭibī. The Reconciliation of The Fundamentals of Islamic Law (Al-Muwāfaqāt Fī Uṣūl Al-Sharī’a). Edited by Edited by ’Abd Allah Darrāz. Translated by Imran Ahsan Khan Nyazee. Reading: Garnet Publishing, 2012.
Masyhudi Muqorobin. “Qawaid Fiqhiyyah Sebagai Landasan Perilaku Ekonomi Umat Islam: Suatu Kajian Teoritik.” Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan, Vol. 8, No (2007): 198–214. https://journal.umy.ac.id/index.php/esp/article/view/152.
Maulana, Irwan. “Implementasi Qawaid Fiqhiyyah Dalam Ekonomi Dan Industri Keuangan Syariah.” Jurnal Asy-Syukriyyah Vol. 19, N (2018). https://doi.org/https://doi.org/10.36769/asy.v19i2.34.
Mohamed Elewa Badar. “Islamic Law (Shari’a) and the Jurisdiction of the International Criminal Court.” Leiden Journal of International Law p 431. 24 (2): 43 (n.d.). https://doi.org/https://doi.org/10.1017/S0922156511000082.
Muḥammad al- Zuhaylī. Al-Qawā’id Al-Fiqhiyyah Wa Tatbīqātuhā Fī Al-Madhāhib Al-Arba’ah. Damaskus: Dār al-Fikr, 2006. https://al-maktaba.org/book/21786.
Muhsin, Sayyed Mohamed, Muhammad Amanullah, and Luqman Zakariyah. “Framework for Harm Elimination in Light of the Islamic Legal Maxims.” Islamic Quarterly 63, no. 2 (2019): 233–72.
Rabb, Intisar A. Doubt in Islamic Law: A History of Legal Maxims, Interpretation, and Islamic Criminal Law. Cambridge: Cambridge University Press, 2015. https://doi.org/https://doi.org/10.1017/CBO9781139953054.
Shahrul Hussain. A Treasury of Sacred Maxims: A Commentary on Islamic Legal Principles (Treasury in Islamic Thought and Civilization). Markfield: Kube Publishing, 2016.
Shettima, Muhammad, Hamma Adam Biu, and Muhammad Al-Amin Deribe. “The Relevance of Islamic Legal Maxims In Determining Some Contemporary Legal Issues.” IIUM Law Journal 24 (2) (2016): 415–451. https://doi.org/https://doi.org/10.31436/iiumlj.v24i2.254.
Standar Format BAS. “Standar Format BAS Dan Format Putusan Pengadilan Agama/Mahkamah Syar’iyah.” Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, 2014. https://badilag.mahkamahagung.go.id/pengumuman-elektronik/pengumuman-elektronik/standar-format-bas-dan-putusan.
Suyūtī, Jalāl al-Dīn al-. Al-Ashbāh Wa Al-Naẓāir. Beirut: Dār al-Kutub al-’Ilmiyyah, 1990. https://al-maktaba.org/book/21719.
Zahri, A. “Mencermati Template Putusan Badilag.” Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI, 2017. https://badilag.mahkamahagung.go.id/artikel/publikasi/artikel/mencermati-template-putusan-badilag-oleh-h-a-zahri-s-h-m-hi-19-1.
Zakariyah, Luqman. Islamic Legal Maxims (Al-Qawāʿid Al-Fiqhiyya): Historical Development, Concepts, and Content. Brill: Nijhoff, 2015. https://doi.org/https://doi.org/10.1163/9789004304871_003.
Zarkashī, Badru al-Dīn al-. Al-Manthūr Fī Al-Qawāʿid Al-Fiqhiyyah. Madīnah al-Kuwayt: Wazārah al-awqāf al-Kuwaytīh, 1985. https://shamela.ws/book/21592.
Zuhaylī, Muḥammad al-. Al-Qawā’id Al-Fiqhiyyah Wa Tatbīqātuhā Fī Al-Madhāhib Al-Arba’ah. Damaskus: Dār al-Fikr, 2006. https://al-maktaba.org/book/21786.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-sa4.footer##In order to be accepted and published by Al-Ihkam: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial, author(s) submitting the article manuscript should complete all the review stages. By submitting the manuscript, the author(s) agreed to the following terms:
- The copyright of received articles shall be assigned to Al-Ihkam: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish articles in various forms (including reprints). Al-Ihkam: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial maintain the publishing rights to the published articles.
- Authors are permitted to disseminate published articles by sharing the link/DOI of the article at Al-Ihkam: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial. Authors are allowed to use their articles for any legal purposes deemed necessary without written permission from Al-Ihkam: Jurnal Hukum dan Pranata Sosial with an acknowledgment of initial publication to this journal.
- Users/public use of this website will be licensed to CC-BY-SA.
.png)
_1.png)


_page-00011.jpg)

