ANALISIS KUALITATIF TERHADAP VISUALISASI PERISTIWA DALAM BUKU TEKS SEJARAH KELAS X DI SMA ISLAM PB SOEDIRMAN CIJANTUNG”


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis visualisasi peristiwa dalam buku teks sejarah yang
digunakan pada jenjang pendidikan menengah, khususnya untuk kelas X. Visualisasi sejarah yang
dimaksud meliputi penggunaan gambar, ilustrasi, infografis, peta, dan elemen visual lainnya yang
ditampilkan dalam buku teks untuk mendukung pemahaman peserta didik terhadap peristiwa sejarah.
Latar belakang dari penelitian ini didasarkan pada pentingnya visualisasi sebagai sarana bantu dalam
proses pembelajaran sejarah, yang sering kali dianggap membosankan dan sulit dipahami jika hanya
disampaikan dalam bentuk narasi teks. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan
kualitatif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi observasi terhadap isi buku
teks, wawancara dengan peserta didik dan guru sejarah, serta dokumentasi visual yang terdapat dalam
buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visualisasi yang terdapat dalam buku teks mampu
meningkatkan pemahaman dan minat belajar peserta didik terhadap materi sejarah, terutama jika
visual tersebut relevan, informatif, dan menarik. Namun, masih ditemukan beberapa kelemahan
seperti kurangnya kesesuaian antara visualisasi dengan konteks materi serta keterbatasan penjelasan
yang menyertai gambar. Oleh karena itu, penting bagi penyusun buku teks dan pendidik untuk
memperhatikan aspek visual sebagai komponen integral dalam penyampaian materi sejarah.
Penelitian ini merekomendasikan pengembangan visualisasi yang lebih kontekstual dan berbasis
kurikulum guna meningkatkan efektivitas pembelajaran sejarah di sekolah
Downloads
References
Azhari, A. R. (2023). Penguatan Nilai-Nilai Nasionalisme Siswa Melalui Pembelajaran Sejarah Peristiwa Sumpah Pemuda 1928. JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(2), 33–44. https://doi.org/10.22437/jejak.v3i2.24820
Cahyanto, B., Maghfirah, M., & Hamidah, N. (2021). Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 Online Learning Implementation in The Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1–12. http://journalfai.unisla.ac.id/index.php/at-thulab/index
Dr. Ani Cahyadi, M. Pd. (2021). Esensi Pengembangan Pembelajaran Berbasis Multimedia.
Erni Munastiwi. (2020). Model Pembelajaran CIPS (Hidayati & Ahmad Muslih, Eds.; 1st ed.). Rajawali Press. www.rajagrafindo.co.id
Firdaus, I., Hidayati, R., Hamidah, R. S., Rianti, R., Cahyuni, R., & Khotimah, K. (2023). Model-Model Pengumpulan Data dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(2), 1–9.
https://www.riset-iaid.net/index.php/jpm/article/download/1443/818
Gunawan, H. (2021). Perbandingan Ganti Rugi Hukum Atas Pelanggaran Hak Cipta dan Merek Antara Hukum Indonesia dan China.
Hari Naredi, Ahmad Ruslan, & Lestari Anis Sanijan. (2022). Model Pembelajaran Blended Learning: Sebagai Strategi Dalam Meningkatkan Daya Tarik Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 3(1), 27–33. https://doi.org/10.37373/bemas.v3i1.206
Hasan, M., Milawati, Mp., Darodjat, Mp., & Dr. Tuti Khairani Harahap, Ma. (2021). Makna Peran Media Dalam Komunikasi dan Pembelajaran.
Kesuma, U., & Hidayat, A. W. (2020). Pemikiran Thomas S. Kuhn Teori Revolusi Paradigma. Jurnal Pemikiran Islam, 21(2), 1–22.
https://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/ISLAMADINA/article/download/6043/3550
Nastiah, N. A., Rahmawati, L., Syapurrohman, P., & Ruslan, A. (2025). Inovasi Pembelajaraan Ilmu Pengetahuan Sosial untuk Membangun Karakter dan Keterampilan Abad-21 di Sekolah. In Syntax Idea (Vol. 6, Issue 02). https://jurnal.syntax-idea.co.id/index.php/syntax-idea/article/view/12438
Nurhayati, D., Ekasari, I. Y. E., & Ani, R. N. A. (2024). Peran Guru dan Orang Tua dalam Pendidikan Karakter untuk Mengatasi Dekadensi Moral Anak: Literature Review. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 433–446. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.607
Rony Zulfirman. (2022). Implemetasi Metode Outdoor Learning Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran, 3(3), 2022. http://dx.doi.org/10.30596%2Fjppp.v3i2.11758
Ulfah Nury Batubara, & Royhanun Siregar. (2022). Mengembangkan Kemampuan Higher Order Thinking Skill Siswa dalam Pembelajaran Sejarah. Penerbit NEM.
Widiastuti, A., Hidayat, B., & Fadli, M. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Lokal Berbasis Visualisasi untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa SMA. SwarnaDwipa, 7(1), 2023.
https://ojs.ummetro.ac.id/index.php/swarnadwipa/article/download/2736/1575
Copyright (c) 2025 NUANSA: Jurnal Penelitian Ilmu Sosial dan Keagamaan Islam

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
The journal operates an Open Access policy under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License (CC-BY-NC)
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.